Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rasio Kompresi Tinggi, Apa BBM yang Tepat untuk Honda New CBR 250RR?

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Honda telah resmi meluncurkan New CBR 250RR dengan pembaruan pada sektor mesin. Tidak banyak yang diubah, bisa dibilang hanya penyempurnaan sehingga motor ini menjadi lebih bertenaga.

Dikabarkan New CBR 250RR ini mengalami perubahan rasio kompresi yang lebih tinggi, dari awalnya 11,5:1 untuk yang standar, dan 12,5:1 untuk yang tipe SP Quick Shifter.

Rasio kompresi yang tinggi ini tentu saja menimbulkan pertanyaan. Dengan rasio kompresi setinggi itu, jenis bahan bakar apa yang cocok untuk Honda New CBR 250RR ini?

Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta, Danang Priyo Kumoro, mengatakan bahan bakar yang bisa digunakan cukup beragam, meski rasio kompresinya tinggi Honda CBR 250RR bisa menenggak Pertalite.

“New Honda CBR250RR cocok menggunakan BBM dengan nilai RON minimal 90 atau bisa juga menggunakan BBM dengan nilai RON di atasnya,” ucap Danang kepada Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Dia mengatakan bila Honda New CBR 250RR diisi bensin dengan oktan 90 masih bisa menerima tanpa mengurangi performanya. Hanya saja, bahan bakar yang lebih berkualitas tentu sangat mendukung performa mesin dengan rasio kompresi yang tinggi.

Hal serupa juga disampaikan oleh, Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno, bahwa Honda New CBR 250RR bisa menenggak bahan bakar minimal RON 90.

“Bisa menggunakan minimal Ron 90 atau yang lebih tinggi,” ucap Endro kepada Kompas.com, Selasa (20/9/2022).

Jadi, meski memiliki rasio kompresi yang tinggi Honda New CBR 250RR masih bisa menerima dikasih bahan bakar yang berkualitas rendah hingga RON 90, tapi motor ini juga sangat mendukung bila diisi dengan bahan bakar yang berkualitas tinggi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/21/101200015/rasio-kompresi-tinggi-apa-bbm-yang-tepat-untuk-honda-new-cbr-250rr-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke