Kompas.com - 18/09/2022, 13:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez tak menargetkan naik podium pada debut perdana di MotoGP Aragon, Spanyol akhir pekan ini, setelah absen empat bulan pada ajang MotoGP Italia, 29 Mei 2022 lalu.

Namun, yang diincar juara dunia MotoGP delapan kali tersebut yaitu, melihat kemampuan dan ketahanan tubuhnya berkendara di atas RC213V 2022 karena sudah cukup lama tidak ikut laga.

"Saya tidak memasang target untuk balapan ini, hanya untuk melihat apa yang bisa kami lakukan dan bagaimana tubuh saya akan bereaksi setelah melalui 23 putaran. Saya menantikan hal itu," kata Marc dilansir dari MotoGP.com, Sabtu (17/9/2022).

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon 2022, Bagnaia Pole Position

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez selama beraksi pada sesi FP2 MotoGP Aragon 2022 di Sirkuit MotorLand Aragon, Jumat (16/9/2022). (Foto oleh PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Pebalap Repsol Honda Marc Marquez selama beraksi pada sesi FP2 MotoGP Aragon 2022 di Sirkuit MotorLand Aragon, Jumat (16/9/2022). (Foto oleh PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Marc pun mengakui, pada latihan bebas ketiga (FP3) dan keempat (FP4) yang berlangsung pada Sabtu kemarin, bukanlah performa terbaiknya. Sebab gagal masuk kualifikasi pertama Q1, bahkan sempat terjatuh.

Pada F3, Marc mengalami low side yang membuatnya hampir terjatuh tapi masih mampu membalikkan motor ke lintasan. Sayangnya, pada beberapa putaran berikutnya, dia tumbang juga.

"FP3 sedikit rumit dan kami mendapati crash pertama sejak kembali membalap, tapi masih ada hasil positif," kata dia.

"Menyenangkan bisa membuat penyelamatan seperti itu lagi dan kemudian di siang hari saya merasa lebih baik usai di pagi hari saya kesulitan menemukan ritme," lanjut Marc.

Baca juga: Joan Mir Dipastikan Absen dari MotoGP Aragon dan Jepang

Marc Marquez dan pebalap MotoGP lainnya saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022). AFP/JORGE GUERRERO Marc Marquez dan pebalap MotoGP lainnya saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022).

Lantas apakah Marc mampu menunjukkan tajinya di Aragon nanti? Mengingat dia menjadi pebalap tersukses di sana dengan mencatatkan lima kemenangan kelas premier.

"Peluang saya sangat rendah (naik podium), hanya satu persen. Hal ini karena saya sangat jauh dari kondisi fisik terbaik. Tapi yang paling penting, tulang saya sudah sembuh walau ototnya masih jauh dari yang diharapkan," kata dia.

"Kedua, Honda saat ini berada dalam masa sulit, dan kami jauh tertinggal dari pabrikan lain, jadi target saya adalah mencoba finis di setiap akhir pekan mulai dari sekarang," tambahnya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MotoGP


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.