Kompas.com - 16/09/2022, 13:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga BBM akhir-akhir ini membuat sebagian besar orang lebih perhitungan terhadap banyaknya bahan bakar yang dibutuhkan untuk mencapai jarak tempuh tertentu. Hal itu merupakan respons yang wajar.

Jika Anda mengalami hal itu pada mobil modern, coba bersihkan throttle body. Cara ini cukup mudah dan membutuhkan biaya yang murah jika memang memerlukan bantuan mekanik.

Lantas, apa hubungannya pembersihan throttle dengan konsumsi bahan bakar?

Baca juga: Cara Usir Kerak Karbon dengan Teknik Italian Tune Up

Throttle body kotorKompas.com/Erwin Setiawan Throttle body kotor

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, throttle yang jarang dibersihkan akan mudah kotor dan tersumbat, hal itu berujung pada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros.

“Jika throttle kotor, yang terjadi tarikan mesin akan berat, jadi tenaga yang dihasilkan kurang optimal, jadi konsumsi BBM menjadi lebih boros,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Rabu (14/9/2022).

Dia mengatakan ketika throttle kotor, aliran udara saat putaran mesin idle akan terganggu, hal itu akan membuat rasio bahan bakar dan udara menjadi tidak ideal.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Servis Berkala, General Servis, dan Tune Up

“Ketika throttle kotor, rasio bahan bakar dan udara menjadi tidak ideal, cenderung lebih gemuk karena udara yang masuk terhambat, efeknya putaran idle menjadi tidak stabil karena koreksi sistem pada mesin modern,” ucap Hardi.

Dia mengatakan selain saat putaran mesin idle, begitu mesin digas maka tarikan mesin menjadi berat.

“Ketika tarikan mesin berat maka konsumsi bahan bakar menjadi boros karena pijakan pedal yang dilakukan pengendara cenderung lebih diinjak, lebih memperbanyak udara yang berujung pada boros BBM,” ucap Hardi.

Jadi, pembersihan throttle pada dasarnya untuk menjaga perfroma mesin sehingga bahan bakar tidak boros.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.