Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini Bedanya Servis Berkala, General Servis, dan Tune Up

Kompas.com - 09/06/2022, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya orang awam, sebagian besar pemilik mobil juga ada yang sampai saat ini masih bingung dengan ragam istilah atau bahas di bengkel.

Bahkan hal yang paling dasar, layaknya servis berkala, general servis, dan tune up, juga masih banyak yang salah dalam mengartikannya.

Kebanyakan menganggap servis berkala dan tune up itu sama saja, termasuk juga dengan general servis. Padahal ketiganya memiliki pengertian dan pengerjaan yang berbeda.

Baca juga: Daftar Harga SUV Murah di Juni 2022, Lengkap Bersama Diskonnya

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, selain ketiga istilah tersebut merupakan hal umum di bengkel, tapi memiliki praktik yang berbeda.

 

Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel Mitsubishi. Dok. MMKSI Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel Mitsubishi.

"Servis berkala atau periodical maintenance itu merupakan perawatan rutin dari mobil. Sedangkan general servis itu sifatnya perbaikan umum, misal seperti perbaikan pada sektor rem atau steering, dan lain-lain," ujar Bambang kepada Kompas.com, Selasa (7/6/2022.

Dari penjelasan singkat tersebut, sudah bisa dipastikan secara proses pengerjaan antara melakukan servis berkala dan general berbeda.

Termasuk juga soal waktu, karena perawatan rutin mobil biasanya dianjurkan tiap enam bulan atau kelipatan 10.000 kilometer (km).

Baca juga: Detail Ubahan Daihatsu Sirion Facelift, Apa Saja yang Baru?

Auto2000Auto2000 Auto2000

Lantas bagaimana dengan tune up?

Menurut Bambang, pengerjaan atau proses tune up hanya fokus pada perawatan sektor dapur pacu alias mesin mobil saja.

Dengan demikian, tak bisa disamakan ratakan dengan servis berkala yang merupakan pengerjaan menyeluruh sesuai petunjuk pada buku servis.

Baca juga: Lebih Baik Servis Mobil Setiap Bulan atau per Kilometer?

"Tune up itu lebih ke perawatan mesin, jadi beda dengan periodical maintenance. Demikian juga dari sisi waktu kapan harus dilakukannya itu beda ya," ujar Bambang.

Daihatsu XeniaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Xenia

"Waktu tune up itu dilakukan bisanya menyesuaikan kebutuhan dari kendaraan, sedangkan servis berkala sesuai buku servis, per enam bulan atau 10.000 Km. Dari segi biaya juga beda, masing-masing ada price list-nya sendiri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com