Kompas.com - 16/09/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKonversi motor listrik jadi alternatif bagi konsumen yang menginginkan kendaraan listrik dengan harga bersahabat.

Menariknya lagi, konsumen tidak perlu beradaptasi dengan bentuk motor listrik yang mungil dan barangkali agak canggung.

Selain itu desain klasik yang sudah familiar dengan kita, mungkin jadi kondisi yang lebih menarik ketimbang beli motor listrik keluaran baru.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik di Indonesia, Mulai Rp 200 Jutaan

Motor listrik hasil konversi dengan basis motor bebek Honda AstreaKompas.com/Donny Motor listrik hasil konversi dengan basis motor bebek Honda Astrea

Heret Frasthio, pendiri Elders Garage, salah satu bengkel konversi motor listrik bersertifikat mengatakan, pada dasarnya pihaknya bisa menggarap konversi semua tipe motor.

“Sebenarnya kita bisa mengerjakan semua motor, tapi business model kita lebih ke jualan Kit. Kit Conversion kita yang sudah mass market untuk Vespa dan Honda C-Series,” ujar Heret, kepada Kompas.com (15/9/2022).

Menurutnya, motor yang bisa dikonversi jenisnya macam-macam, seperti keluarga bebek Honda dan semua Vespa 2 tak. Namun khusus Vespa 4 tak atau Vespa keluaran baru, masih dalam tahap pengembangan.

Baca juga: Catat, Penghapusan Denda Bukan Berarti Bebas Bayar Pajak Kendaraan

“Ketika konsumen mau konversi, dia pilih dulu Electrico yang mana, misal buat Vespa ada yang Duro (Rp 18,5 juta) dan Speedster (Rp 25,8 juta). Kalau bebek kita ada Kit C70, harganya Rp 14,5 juta.” ucap Heret.

Heret juga mengatakan, paket konversi ini bisa di-setting sesuai keinginan konsumen. Namun lemah kuatnya peforma akan berdampak pada daya tahan baterainya.

“Terus ketika dia sudah pilih (Kit Conversion), biasanya kita tanya tipe motornya yang apa. Nanti disurvei, terkait sama kebiasaan riding-nya, misal ada yang suka kencang, kita bisa kasih suggestion, karena setting-nya macam-macam,” kata Heret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.