Kompas.com - 14/09/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan akan mobil pribadi saat ini semakin meningkat. Selain low multi purpose vehicle (LMPV), segmen low cost green car (LCGC) menjadi salah satu yang banyak dipilih konsumen otomotif, terutama bagi first time buyer.

Buat konsumen yang memiliki dana Rp 100 jutaan, segmen mobil LCGC bekas cuku menarik untuk dilirik. Pasalnya, mobil-mobil kelas ini menawarkan harga yang bersahabat dengan kondisi yang masih terbilang segar.

Di samping itu, harga mobil murah tergolong bertahan di pasar. Selain karena peminatnya yang stabil, juga karena mobil ini terbilang memiliki biaya pemakaian yang rendah.

Baca juga: Harga Baterai Mahal Jadi Kendala Mobil Listrik Berkembang di Indonesia

Saat ini ada beberapa pilihan mobil yang berada di segmen LCGC, sebut saja Calya, Sigra, Agya-Ayla, Brio hingga Datsun Go+.

Untuk harga bekas Honda Brio yang cukup laris di pasaran, model keluaran 2014 dibanderol mulai Rp 85 jutaan, tergantung kondisi.

Honda Brio Satya CVT di IIMS 2016Setyo Adi Nugroho/Otomania Honda Brio Satya CVT di IIMS 2016

Sedangkan untuk Anda yang mencari LCGC paling murah, bisa melirik Datsun Go+. Untuk lansiran tahun 2014, di situs jual beli online mobil ini dijual mulai Rp 65 jutaan hingga Rp 75 jutaan.

Namun perlu dicatat bahwa harga bekas tersebut tidak bisa menjadi patokan. Jika ada perbedaan harga meski tipe dan tahun produksinya sama, bisa jadi karena kondisi fisik unit yang berbeda baik dari sisi mesin, bodi, kelistrikan, hingga kaki-kaki.

Baca juga: Mau Ada Toyota GR Yaris yang Lebih Bertenaga

Berikut ini daftar harga LCGC bekas berdasarkan pantauan redaksi dari situs jual beli mobil bekas pada Rabu (14/9/2022):

-Honda Brio Satya 2014 Rp 85 jutaan - Rp 100 jutaan
-Toyota Calya 2016 Rp 95 jutaan - Rp 100 jutaan
-Daihatsu Sigra 2016 Rp 80 jutaan - Rp 100 jutaan
-Toyota Agya 2016 Rp 82 jutaan - Rp 100 jutaan
-Daihatsu Ayla 2016 Rp 79 jutaan - Rp 95 jutaan
-Datsun Go+ 2014 Rp 65 jutaan - Rp 75 jutaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.