Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Bikin Aplikasi yang Dapat Terhubung dengan Motor Listrik

Kompas.com - 13/09/2022, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor Co., Ltd., sudah mencanangkan akan merilis lebih dari 10 model motor listrik hingga 2025. Selain itu, Honda juga akan membuatnya dapat terintegrasi dengan smartphone melalui aplikasi.

Yoshishige Nomura, Managing Officer Honda Motor Co., Ltd., mengatakan, untuk meningkatkan nilai tambah pada sepeda motor listrik, Honda menargetkan untuk mentransformasi bisnisnya.

Baca juga: Komitmen Honda Siapkan 10 Model Motor Listrik hingga 2025

"Dari fokus pada penjualan hardware (produk) yang tidak-berkelanjutan menuju model bisnis yang berkelanjutan dengan mengkombinasi hardware dan software," ujar Nomura, dikutip dari YouTube Honda Global, Selasa (13/9/2022).

Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025Dok. Honda Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025

Pada area pengembangan software, Nomura menambahkan, Honda sedang mengerjakannya melalui anak perusahaannya di bidang software, yaitu Drivemode. Rencananya, sistem tersebut akan diluncurkan pada 2024.

Drivemode sendiri merupakan pengembang perangkat lunak yang mentransformasi user experience (UX) untuk mobilitas. Drivemode membangun teknologi berkendara yang terkoneksi, lebih pintar, dan lebih aman bagi seluruh pengguna jalan.

Baca juga: Prinsipal Siapkan 10 Motor Listrik, AHM Godok Strategi di Indonesia

"Mulai dari sepeda motor elektrik model commuter yang dijadwalkan untuk dijual pada 2024, Honda akan menawarkan fitur UX yang akan memperkaya secara terus menerus kualitas berkendara melalui konektivitas," kata Nomura.

PCX ElectricFoto: Istimewa PCX Electric

Nantinya, dalam aplikasi yang sedang dikembangkan tersebut akan terdapat beragam informasi, seperti menawarkan opsi rute optimal yang mempertimbangkan sisa jarak tempuh, notifikasi tempat pengisian daya, latihan keselamatan berkendara, hingga dukungan layanan purna jual.

"Ke depannya, Honda akan terus berusaha untuk mewujudkan platform konektivitas di mana nilai yang lebih baik dihasilkan tidak hanya dari menghubungkan sepeda motor, tetapi juga menghubungkan lini produk Honda yang luas dan mewujudkan konektivitas di luar dari domain produk Honda," ujarnya.

Aplikasi Honda RoadSyncDok. Honda Aplikasi Honda RoadSync

Pada motor konvensional, Honda juga sudah memiliki aplikasi yang dapat menghubungkan motor dengan smartphone, yaitu Honda RoadSync.

Tapi, aplikasi ini baru dapat digunakan pada motor H'ness CB350, Forza 350, Forza 750, ADV 350, X-ADV, dan CB1000R.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com