Begini 3 Cara Mudah Ketahui Kerusakan Kaki-kaki Mobil

Kompas.com - 13/09/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kaki-kaki mobil mempunyai tugas penting menjaga keseimbangan laju kendaraan. Hal tersebut karena handling dan kenyamanan berkendara juga bergantung pada roda yang normal. 

Komponen suspensi dan steering bisa dibilang satu kesatuan yang utuh, dan saling berhubungan. Dengan demikian, bila salah satu bermasalah, maka bisa berimbas pada komponen lainnya. 

Untuk mengetahui kerusakan kaki-kaki, tak hanya mengandalkan bengkel, namun bisa di ketahui sebelumnya bila sang pemilik jeli. 

Lantas bagaimanakah caranya? 

Baca juga: Korelasi Balancing dan Spooring pada Mobil

Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan. Kompas.com Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan.

Shockbreaker bisa sangat menentukan kenyamanan berkendara. Tak hanya bantingan keras, suspensi yang lemah bisa membuat mobil limbung, utamanya bila melewati tikungan. 

Jika pemilik mobil peka, saat melewati polisi tidur, suspensi yang bermasalah akan mengayun dua kali. Namun, untuk memastikan detail bisa dengan cek kondisi fisik langsung. 

Gampang saja mengetahui kerusakan komponen itu, caranya dengan melihat apakah ditemukan kebocoran oli atau tidak. 

Kepala Bengkel Astra Daihatsu Majapahit Semarang Sapto Pamungkas mengatakan, shockbreaker rusak dampaknya setelan spooring roda berubah. Setir jadi liar dan berat ke arah satu sisi. 

"Setir yang tidak presisi, bisa tidak nyaman karena handling mobil sulit dikendalikan. Lama-kelamaan ban bisa botak habis termakan satu sisi," kata Sapto kepada Kompas.com, Selasa (13/9/2022). 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.