Kompas.com - 13/09/2022, 13:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring dengan perkembangan bisnis yang semakin sadar akan pentingnya lingkungan, Honda menyiapkan model sepeda motor listrik untuk bisnis.

Terlebih, motor listrik niaga diklaim tengah mengalami peningkatan permintaan dalam beberapa tahun terakhir.

Yoshishige Nomura, Managing Officer Honda Motor Co., Ltd. (HMC), mengatakan, pihaknya telah menawarkan model seri Honda e: Business Bike. Motor listrik niaga ini di antaranya adalah Benly e:, Gyro e:, dan Gyro Canopy e:.

Baca juga: Apa Benar Mengisi BBM di Malam Hari Dapat Takaran Lebih Banyak?

Ilustrasi motor listrik Honda Benly e:Dok. Honda Motor Ilustrasi motor listrik Honda Benly e:

“Model seri Honda e: Business Bike ini dilengkapi dengan baterai swap dari Honda Mobile Power Pack (MPP), yang mana sangat cocok untuk kebutuhan bisnis seperti pengantaran paket kecil,” ujar Nomura, dalam siaran Youtube Honda Global (13/9/2022).

“Sekaligus menyelesaikan permasalahan jarak tempuh dan waktu pengisian daya, yang merupakan tantangan utama yang perlu diselesaikan untuk dapat mewujudkan perluasan penggunaan sepeda motor listrik,” kata dia.

Menurutnya, Honda e: Business Bike telah dipakai perusahaan Japan Post dan juga Vietnam Post Corporation untuk pengiriman surat.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal supaya Hemat Bahan Bakar?

Honda saat ini juga sedang melakukan percobaan kerjasama dengan Thailand Post Company Limited, dan berencana untuk mulai memproduksi serta menjual Benly e: di Thailand dalam waktu dekat.

Untuk diketahui, Benly e: pertama kali muncul pada Tokyo Motor Show 2019. Setelah itu, motor listrik ini segera melakukan debut di China, dan menjadi sangat populer karena mengubah mobilitas orang untuk bepergian dan mengangkut barang-barang kecil.

Honda akhirnya memutuskan untuk menguji dan mengembangkan motor listrik di India, lalu diikuti oleh Thailand. Ke depan, pabrikan asal Jepang juga bakal mempercepat peluncuran global untuk motor listrik niaga ini.

Baca juga: Mobil Listrik Tidak Sepenuhnya Ramah Lingkungan

Ilustrasi motor listrik Honda Benly e:Dok. Honda Motor Ilustrasi motor listrik Honda Benly e:

Sebagai informasi, Benly e: memiliki dua pilihan powertrain, mulai dari Benly e: I dan I pro. Keduanya dilengkapi dengan motor listrik 2,8 kW atau setara 3,7 tk dan torsi maksimum 12 Nm, serta daya jangkau baterai sejauh 87 km pada kecepatan 30 kpj.

Sementara itu, Benly e: II dan II pro sport mengusung motor listrik 4,2 kW atau setara 5,6 tk dan torsi maksimum 15 Nm.

Model ini memiliki jangkauan 43 km dalam sekali pengisian daya, saat diuji pada kecepatan minimal 60 kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.