Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Naik Bisa Dongkrak Minat Beli Motor Listrik

Kompas.com - 12/09/2022, 10:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS. com – Kenaikan harga produk Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia  menuai banyak kritikan dari masyarakat.

Bagi pengguna kendaraan bermotor untuk mobilitas sehari-hari tentunya mau tidak mau harus mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli BBM.

Maka dari itu, berbagai cara kini dilakukan untuk mengatasi kenaikan BBM, salah satunya dengan melirik motor listrik.

Baca juga: Ganti Shockbreaker Belakang Motor, Jangan Asal Nungging

Pengamat otomotif sekaligus dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan jika pamor motor listrik akan naik di era BBM naik.

“Menurut saya di era kenaikan BBM ini permintaan untuk kendaraan roda dua akan meningkat sampai dua kali lipat dalam waktu yang singkat,” kata Yannes kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).


Selain karena masyarakat mulai tahu naiknya harga BBM terbaru, Yannes menyebutkan ada faktor lain yang membuat motor listrik makin banyak diminati.

Salah satunya yaitu biaya operasional pakai motor listrik yang dianggap lebih murah. Jika secara kalkulasi, biaya operasional motor listrik hanya seperlima dari motor yang menggunakan BBM.

Parade motor listrik di Bali yang diikuti oleh Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, dan Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam rangka mengedukasi masyarakat dan ajang pembuktian kepada dunia bahwa perhelatan G20 didukung motor dan transportasi listrik, Kamis (1/9/2022).dok.ESDM Parade motor listrik di Bali yang diikuti oleh Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, dan Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam rangka mengedukasi masyarakat dan ajang pembuktian kepada dunia bahwa perhelatan G20 didukung motor dan transportasi listrik, Kamis (1/9/2022).

“Apalagi dengan sekarang BBM naik itu jadi makin menarik. Jadi biaya operasional motor listrik akan lebih murah jika dibandingkan motor biasa,” kata Yannes.

Baca juga: Kecelakaan Bus Pariwisata, Banyak Bus Tidak Laik Jalan dan Tetap Beroperasi

Tidak hanya itu, motor listrik lebih sedikit memiliki suku cadang penggerak sehingga dari segi pemeliharaan sangat murah jika dibandingkan dengan motor menggunakan bahan bakar
Hanya saja permasalah ekosistem  motor listrik yaitu harga listrik yang juga ikut naik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com