Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Honda Supaya Motor Listrik Diterima Banyak Orang

Kompas.com - 13/09/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah banyak produsen sepeda motor listrik yang memasarkan produknya. Tapi, banyak juga masyarakat yang masih enggan untuk beralih untuk menggunakan motor listrik.

Yoshishige Nomura, Managing Officer Honda Motor Co., Ltd., mengatakan, Honda percaya bahwa penyebaran motor listrik secara luas memiliki tantangan seperti jarak tempuh dalam sekali pengisian, waktu pengecasan, dan harga.

Baca juga: 10 Unit Honda PCX Electric Jadi Motor Operasional Kota Deltamas

"Untuk menciptakan solusi dari permasalah utama, yakni jarak tempuh dan waktu pengecasan, Honda sudah mengembangkan baterai yang dapat ditukar, Honda Mobile Power Pack (MPP)," ujar Nomura, dikutip dari YouTube Honda, Selasa (13/9/2022).

Penukaran baterai Honda PCX Electric bisa dilakukan di AlfamartDonny Dwisatryo Priyantoro Penukaran baterai Honda PCX Electric bisa dilakukan di Alfamart

Selain itu, Nomura menambahkan, Honda juga berencana untuk membantu menstandarisasi sistem tukar baterai atau battery swap. Menurutnya, baterai yang dapat ditukar sangat cocok untuk jarak dekat, pemanfaatan tinggi untuk penggunaan bisnis, seperti layanan antar kargo kecil.

"Untuk itu, Honda sudah merilis seri Honda e: Business Bike yang menargetkan penggunaan tersebut," kata Nomura.

Baca juga: Penjelasan Honda Kenapa PCX Electric Belum Dijual Massal

Ada tiga motor listrik yang digunakan, yakni Benly e:, Gyro e:, dan Gyro Canopy e:. Seri motor tersebut sudah digunakan oleh perusahaan pos di Jepang dan Vietnam.

Honda PCX ElectricKOMPAS.com/Gilang Honda PCX Electric

Untuk di Indonesia, Honda juga sudah membentuk joint venture untuk mengoperasikan layanan battery sharing dengan memanfaatkan MPP dan juga sepeda motor yang ditenagai oleh MPP.

Perusahaan joint venture tersebut saat ini mengoperasikan layanan battery sharing di Bali. Perusahaan yang dimaksud adalah PT HPP Energy Indonesia, yang merupakan konsorsium dari Honda, Panasonic, dan Pacific Consultant.

"Permintaan akan model elektrik juga sangat bergantung pada insentif yang diberikan pemerintah, regulasi, serta ketersediaan infrastruktur pengisian daya di masing-masing wilayah penjualan," kata Nomura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com