Aleix Espargaro Bangga Honda Contek Desain Aerodinamika Aprilia

Kompas.com - 12/09/2022, 14:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam tes MotoGP Misano, Italia, Honda membawa inovasi untuk motor musim depan. Salah satunya ialah paket aerodinamika yang diduga kuat terinspirasi dari motor Aprilia RS-GP22.

Bentuk sayap maupun fairing motor Honda RC213V lebih menonjol dengan bentuk lubang udara yang lebih bulat. Inovasi lain yang bisa terlihat ialah bagian belakang atau ekor yang lebih tebal.

Baca juga: Jajal Performa Toyota Rush GR Sport, Opsi LSUV RWD di Pasar

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Marc Marquez mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V di Tikungan 7.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Marc Marquez mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V di Tikungan 7.

Di atas kertas tidak masalah bahwa RC213V mengambil isyarat desain dari RS-GP22 karena tidak sama persis. Adapun prioritas Honda adalah mengejar ketertinggalan dengan merek lain.

Ada kabar Aprilia kesal idenya "dicontek" oleh Honda, namun buat pebalap pabrikan Aprilia, Aleix Espargaro justru bangga karena tandanya Aprilia berhasil mengembangkan motor yang bagus.

"Merupakan suatu kebanggaan bahwa pabrik sebesar Honda memiliki sayap, fairing, banyak hal yang sangat mirip dengan Aprilia. Sebuah kebanggaan juga untuk semua insinyur di Noale yang melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Aleix, mengutip Corsedimoto, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Ada Pabrik Baterai, Jangan Langsung Berharap Harga Mobil Listrik Murah

Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).AFP/PAU BARRENA Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).

Baca juga: Ada Pabrik Baterai, Jangan Langsung Berharap Harga Mobil Listrik Murah

Di satu sisi pendekatan Honda ini membuktikan bahwa pabrikan Jepang merasa mulai ketinggalan dalam hal evolusi dan adaptasi dari pabrikan Eropa semisal Ducati, KTM dan Aprilia.

Aprilia sendiri meningkat pesat pada musim 2022. Dua pebalapnya, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mampu unjuk gigi di atas trek dan berhasil beberapa kali naik podium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.