Kompas.com - 11/09/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir mobil di rumah tentunya juga memikirkan soal keamanan. Tentu saja sebagai pemilik, tidak mau kehilangan mobil atau dicuri oleh maling.

Satu hal yang perlu diperhatikan pengemudi saat memarkir mobil di garasi rumah adalah posisi kendaraan. Beberapa orang memilih parkir maju, alias bagian depan mobil menghadap ke rumah.

Namun, ada juga orang yang memarkir mobilnya dengan posisi menghadap ke pagar atau luar. Tapi ternyata, posisi ini yang sebenarnya bisa memudahkan pelaku kriminal untuk melakukan aksi pencurian.

Baca juga: Tidak Lolos Uji Emisi, Bayar Parkir Bisa Lebih Mahal

Ilustrasi garasi.UNSPLASH / Jakob Rosen Ilustrasi garasi.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, biasanya orang yang parkir menghadap ke luar punya alasan mudah keluar dari garasi dan visibilitas luas.

"Tapi ini juga memudahkan kejahatan pencurian kendaraan tersebut," kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (10/9/2022).

Selain memudahkan aksi maling, parkir menghadap ke pagar juga bisa mengurangi kenyamanan. Mengingat posisi knalpot mobil yang umumnya ada di belakang, bisa membuat asap masuk ke rumah.

Baca juga: Konsumen Ini Belum Pernah Test Drive tapi Langsung Beli Mobil Listrik Wuling Air ev


"Apabila posisi belakang mobil parkir adalah ruang dapur atau lainnya, maka asap dari knalpot mobil bisa membahayakan penghuni," kata Sony.

Kemudian, orang Indonesia juga punya kebiasaan sering memanaskan mobil. Tentu saja efeknya asap knalpot akan masuk ke rumah, mengganggu orang yang ada di dalam.

Posisi Ban

Ilustrasi parkir mobilunsplash.com/Michael Fousert Ilustrasi parkir mobil

Muncul anggapan di kalangan masyarakat bahwa saat melakukan parkir mobil kondisi ban depan harus lurus.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.