Kompas.com - 11/09/2022, 18:31 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Aki bebas perawatan atau MF (maintenance free) banyak digunakan oleh pemilik mobil karena karakternya yang praktis. Tanpa perlu memeriksa volume secata rutin, aki tetap memiliki performa yang baik.

Namun, muncul anggapan bahwa aki bebas perawatan berusia lebih pendek dari aki basah. Hal itu seiring dengan anggapan bahwa setiap aki bebas perawatan tekor maka solusinya adalah penggantian dengan unit baru.

Apakah benar aki bebas perawatan tidak bisa diperbaiki bila sudah tekor?

Baca juga: Pantau Kondisi Aki dari Indikator Mata Kucing

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Pemilik One Aki Ceper Wawan, mengatakan aki bebas perawatan tekor disebabkan oleh banyak hal, hal itu dapat mempengaruhi bisa atau tidaknya aki tersebut diperbaiki.

“Tergantung kondisi aki dropnya kenapa, usia pakai apa karena kebocoran arus atau hal lainnya, jika aki tekor disebabkan karena akinya yang bermasalah ya sudah tidak bisa tertolong,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Minggu (11/9/2022).

Dia mengatakan aki bebas perawatan tekor bisa tertolong jika kondisi dalamnya masih bagus, tidak bocor atau selnya masih utuh.

Baca juga: Apakah Indikator Mata Kucing pada Aki Dapat Dipercaya?

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

“Jika aki bebas perawatan tekor disebabkan oleh faktor eksternal kemungkinan masih bisa tertolong dengan diisi daya lebih dulu,” ucap Wawan.

Dia mengatakan aki bebas perawatan yang sudah rusak, air akinya kurang, ada perubahan bentuk, itu kemungkinan besar sudah tidak bisa tertolong.

“Aki bebas perawatan masih pakai air aki, tapi kemungkinan berkurang sangat kecil, itupun kalau air nya berkurang aki cenderung sudah rusak, walau pun ditambah air aki belum tentu bisa bagus lagi,” ucap Wawan.

Baca juga: Sama-sama Bebas Perawatan, Ini Bedanya Aki MF dengan Calcium

Aki MobilASTRA OTOPARTS Aki Mobil

Dia juga menjelaskan aki juga bisa tekor karena faktor usia pemakaian. Biasanya kalau diisi daya berhasil menyimpan listrik, maka aki masih bisa tertolong, tapi jika sudah tidak bisa menyimpan listrik maka aki rusak karena usia pemakaian sekitar dua tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.