Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Ban Tidak Lurus Saat Parkir Bikin Power Steering Rusak?

Kompas.com - 09/09/2022, 07:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada angapan saat mobil parkir posisi ban mesti dalam kondisi lurus jika tidak maka akan cepat merusak power steering. Alasannya akan membebankan set‏ir.

Bambang Supriadi, dari Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan anggapan tersebut tidak benar. Sebab mobil zaman sekarang atau keluaran terbaru sudah menggunakan electric power steering (EPS).

Baca juga: Cara Aman Parkir Mobil di Pinggir Jalan Agar Tak Bikin Celaka Orang

Interior Daihatsu Hi-Max, varian tertingginya dilengkapi AC, power steering, dan jok pengemudi yang bisa digeser maju-mundur.Febri Ardani/KompasOtomotif Interior Daihatsu Hi-Max, varian tertingginya dilengkapi AC, power steering, dan jok pengemudi yang bisa digeser maju-mundur.

"Parkir dengan posisi ban lurus atau miring tidak akan ada pengaruhnya untuk mobil-mobil keluaran saat ini. Hal ini karena mobil tersebut sudah menganut electric power steering,” kata dia kepada Kompas.com belum lama ini.

Bambang mengatakan, pada mobil keluaran baru motor elektrik pada EPS mendapat tenaga listrik dari perintah electronic control unit (ECU).

Berbeda dengan mobil keluaran lama yang masih menganut power steering hidrolik yang mengandalkan oli, dan memang ban harus dalam keadaan lurus saat parkir.

Baca juga: Modifikasi Honda ADV150 Bergaya Rally, Makin Keren buat Touring

Parkir mobilinstagram.com/wibowosantosa Parkir mobil

“Jadi tidak ada pengaruhnya parkir dengan ban lurus atau miring, karena saat mesin mati tidak ada penyaluran tenaga ke ECU atau perangkat elektrikal lainnya,” kata dia.

Bambang mengatakan, satu-satunya pengaruh posisi ban dalam parkir ialah untuk memudahkan saat akan dipindah atau karena lahan parkir yang terbatas.

"Posisi kemudi harus lurus saat parkir bertujuan agar mudah dipindah atau didorong. Apalagi kondisi Jakarta yang minim lahan parkir, banyak mobil yang paralel, sehingga sering kali menutupi mobil lainnya," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com