Kompas.com - 10/09/2022, 15:02 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan pada sistem AC mobil memang beragam, salah satunya, yaitu AC tidak dingin ketika mobil berhenti melaju.

Kejadian seperti ini tentu saja tidak wajar, dan menjadi tanda bahwa ada komponen yang bermasalah.

Lantas, komponen apa yang mungkin menjadi penyebabnya?

Baca juga: Waspada Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Bisa Diperbaiki

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Service Advisor PT Graha Rajasa Denso Andres Siswanto, mengatakan ketika AC mobil tidak dingin pada saat mobil berhenti melaju bisa saja disebabkan oleh komponen utama pada sistem AC.

“Bisa jadi dari kompresor, ini merupakan komponen utama yang bila terjadi penurunan performa akan membuat AC kurang dingin, mungkin kompresor lemah, jadi tidak dinginnya saat kendaraan berhenti atau putaran mesin rendah,” ucap Andres kepada Kompas.com, Sabtu (10/9/2022).

Dia mengatakan kevakuman pada selang low menjadi kurang maksimal ketika kompresor lemah, begitu juga tekanan pada selang tekanan tinggi menjadi kurang maksimal bila kompresor lemah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, LPG Bisa Dijadikan Cairan Pendingin AC Mobil?

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

“Selain kompresor, penyebab lainnya bisa dari ekstra fan yang lemah atau bahkan mati, hal ini menyebabkan kondensor tidak mampu mendinginkan freon dengan baik, semeentara ketika mobil melaju kondensor masih didinginkan dari angin efek laju kendaraan,” ucap Andres.

Dia menjelaskan, segala kemungkinan bisa terjadi karena sistem AC pada mobil merupakan satu kesatuan yang saling mempengaruhi. Ketika ada satu komponen yang bermasalah, maka biasanya akan menimbulkan dampak yang cukup serius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.