Biaya Isi Full Tank LCGC Cayla dan Sigra Pasca-kenaikan Harga Pertalite

Kompas.com - 08/09/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak hanya memengaruhi pemakai Pertamax, tetapi juga pemilik kendaraan yang menggunakan bahan bakar Pertalite dan Solar.

Untuk diketahui, terhitung per Sabtu (3/9/2022) yang lalu harga BBM resmi naik. Rinciannya, Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter, Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter, dan Pertamax dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Baca juga: Harga Pertalite dan Solar Naik, Tarif Angkutan Umum di Jakarta Juga Naik

Kebijakan ini berlaku sejak hari Sabtu, tepatnya pukul 14.30 WIB. Sebelumnya, keputusan ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian," kata Presiden Jokowi dalam jumpa pers virtual, disiarkan melalui YouTube Sekretariat Kepresidenan pada hari Sabtu (3/9/2022).


Para pengendara roda dua yang mengisi BBM di SPBU 14.251.510 kaget dengan naiknya harga BBM pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB. Seorang pengendara Ijet mengaku, tidak mengetahui harga Pertalite naik menjadi Rp 10.000 per liter. 
TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI Para pengendara roda dua yang mengisi BBM di SPBU 14.251.510 kaget dengan naiknya harga BBM pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB. Seorang pengendara Ijet mengaku, tidak mengetahui harga Pertalite naik menjadi Rp 10.000 per liter.

Dengan adanya kenaikan harga tersebut, pengguna bensin Pertalite dan pemilik mobil low cost green car (LCGC) atau mobil murah juga akan ikut terpengaruh.

Dua model yang mengisi ceruk LCGC 7-seater adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Kedua mobil tersebut memiliki kapasitas tangki yang sama, yaitu 36 liter.

Daihatsu New Sigra mendapat ubahan pada eksterior dan interiornyaKompas.com/Donny Daihatsu New Sigra mendapat ubahan pada eksterior dan interiornya

Baca juga: Berencana Beli Mobil Listrik, Cek Daftar Harganya per September 2022

Sehingga, untuk mengisi tangki bensin hingga full dengan harga baru Pertalite saat ini akan butuh biaya sebesar Rp 360.000.

Sedangkan sebelum penyesuain harga tersebut, pemilik mobil murah ini harus mengeluarkan biaya yang lebih rendah, yaitu Rp 275.400.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.