Harga Pertalite dan Solar Naik, Tarif Angkutan Umum di Jakarta Juga Naik

Kompas.com - 05/09/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah resmi menaikkan harga BBM subsidi, khususnya Pertalite dan Biosolar. Untuk Pertalite, harganya naik dari Rp 7.650 jadi Rp 10.000 dan solar naik dari Rp 5.150 jadi Rp 6.800 per liter.

Tentu saja kenaikan harga bahan bakar bisa berpengaruh pada ongkos atau tarif angkutan umum. Misalnya di Jakarta, sudah ada estimasi kenaikan tarif angkutan umum dari 12,5 persen sampai 17,5 persen.

Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mengatakan, kenaikan tersebut masih dalam bentuk estimasi, nantinya akan keluar jumlah besaran kenaikan tarif yang sudah pasti.

Baca juga: Cara Irit Mengendarai Mobil Matik di Tengah Kenaikan Harga BBM

Tangkap layar Lasanda Deepthi, wanita Sri Lanka berusia 43 tahun, pengemudi bajaj online di pinggiran ibu kota komersial Sri Lanka.
REUTERS via Twitter Tangkap layar Lasanda Deepthi, wanita Sri Lanka berusia 43 tahun, pengemudi bajaj online di pinggiran ibu kota komersial Sri Lanka.

"Jadi kalau berkaitan di transportasi ini untuk Provinsi DKI Jakarta, kalau angkot ada keputusan gubernurnya nanti, akan kita bahas dengan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub). Kalau taksi berkaitan dengan Kemenhub, Dirjen Perhubungan Darat," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Shafruhan menjelaskan, estimasi kenaikan tarif angkutan ini baru meliputi berbagai moda. Mulai bajaj, mikrolet, bus kota, bus akap, bus pariwisata, angkutan barang dan khusus pelabuhan.

"Kecuali yang non reguler, yang sudah terintegrasi dengan Transjakarta dan Jalingko, tidak kita bahas," kata Shafruhan.

Baca juga: Revvo 89 Jadi Bensin Paling Murah, Amankah Ditenggak Mobil Modern?


Mengenai berapa kenaikan tarif yang pasti, Shafruhan belum bisa bicara banyak, tapi pasti nanti akan diumumkan. Namun siap-siap, para pengemudi mikrolet atau angkot ada yang sudah menaikkan tarifnya Rp 500-Rp 1.000.

"Belum keluar (aturan) itu kan dia beban operasionalnya berat, nanti akan ditetapkan secara resmi. Mudah-mudahan minggu ini kita keluarkan," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.