Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Potensi Mobil Terbakar, Kia Sportage Kena Recall

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Sportage sudah mendapatkan penyegaran beberapa waktu lalu. Tapi, sayangnya model terbaru ini justru bermasalah dan mengalami recall.

Dikutip dari Carbuzz.com, Rabu (7/9/2022), Kia Sportage yang dipasarkan di Amerika Serikat terpaksa dipanggil kembali. Permasalahannya dikabarkan ada di komponen kelistrikannya.

Menurut Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional di Amerika, pada SUV kompak tersebut, baut yang ada di bagian alternator dapat terlepas dan menyebabkan kendaraan menjadi mogok saat dikendarai atau lebih parahnya lagi menyebabkan korsleting.

Meskipun terkesannya masalah kecil, tapi dapat menyebabkan, kecelakaan. Khususnya, ketika mobil mengalami mogok saat berada di jalan tol atau di persimpangan.

Selain itu, kondisi ini juga berpotensi menyebabkan terjadinya korsleting yang dapat berakibat memicu terjadinya kebakaran.

Jadi, baut yang ada pada komponen kelistrikan tersebut diyakini tidak terpasang sesuai dengan torsi yang dibutuhkan. Sehingga, baut dapat mengendur dan terlepas.

Kia sudah melakukan recall terhadap Sportage yang dikabarkan mencapai 19.701 unit. Khususnya, mobil yang diproduksi pada 12 Januari 2021 hingga 8 Agustus 2021.

Untuk Indonesia sendiri, PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku APM Kia juga sudah memasarkan mobil ini. Sportage pertama kali diperkenalkan pada Jakarta Auto Week 2022. Tapi, baru diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dan dibanderol Rp 735 juta (OTR Jakarta).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/07/154100815/potensi-mobil-terbakar-kia-sportage-kena-recall

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke