Kompas.com - 06/09/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Vulkanisir bisa menjadi solusi perusahaan bus atau truk untuk menghemat. Mengingat vulkanisir merupakan proses pemasangan telapak ban baru pada ban yang sudah botak.

Namun, melakukan vulkanisir pada ban tidak bisa asal dilakukan. Jika tidak memerhatikan kualitas, maka hasil vulkanisir jadi cepat rusak atau lepas telapaknya, jadi tidak bisa maksimal penggunaannya.

Lalu apa saja cara untuk mendapatkan ban vulkanisir yang kualitasnya baik?

Baca juga: Bahayanya Pakai Ban Vulkanisir di As Roda Depan Bus

bahan ban vulkanisirAlibaba bahan ban vulkanisir

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal menjelaskan, hal yang harus diperhatikan agar hasil vulkanisir bisa baik kualitasnya adalah memilih ban yang bagus kondisinya.

"Tidak semua ban bisa divulkanisir, kalau kondisinya sudah parah, apalagi bagian bead, bagian dinding samping, ban tidak bisa divulkanisir," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Untuk tahu kondisi ban bekas yang baik, perhatikan bagian bead atau komponen yang menempel pada pelek. Pada bagian tersebut, jangan sampai ada kerusakan yang berat, seperti kawat keluar atau ada yang putus.

Baca juga: Tempuh 110 Km, Seberapa Irit Konsumsi Bahan Bakar Hyundai Stargazer


"Kemudian bagian samping ban atau dinding samping ban robek tembus sampai ke bagian dalam ban. Untuk sobek atau luka sedikit masih bisa diperbaiki," ucap Zulpata.

Terakhir adalah perhatikan bagian telapak ban. Pastikan tidak ada bagian dari carcas-nya yang gembung, atau lapisannya saling terlepas (belt separation).

"Telapak kalau ada luka atau sobek sampai tembus ke dalam, untuk ukuran tertentu masih bisa diperbaiki," kata Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.