Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Skutik Jarang Mampir ke SPBU, Perhatikan 5 Hal Ini

Kompas.com - 06/09/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Penggunaan sepeda motor matik alias skutik saat ini meningkat cukup signifikan. Alasan utama karena praktis dan mudah digunakan. 

Meski begitu, anggapan bahwa konsumsi bahan bakar minyak (BBM) skutik lebih boros sudah menjadi hal yang biasa. Tapi hal itu bisa benar bisa tidak, semua disesuaikan dengan baragam faktor, seperti perawatan, pemakaian, dan lainnya.

Tak bisa dipungkiri, perawatan menjadi hal yang sangat berpengaruh pada efisiensi bahan bakar. Dengan begitu, skutik bakal jarang mampir ke SPBU untuk membeli BBM.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan? 

Baca juga: Harga BBM Naik, Banderol Spare Part Motor Siap Menyusul

Menurut Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Nurhadi Muslim, konsumsi bahan bakar skutik bisa irit atau sebaliknya, ditentukan perawatan rutinnya.

Berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan pengguna skutik ;

Tugas CVT dalam rangkaian mekanisme kerja transmisi skutik digunakan untuk menyalurkan tenaga mesin sampai ke roda. Dalam sistem transmisi CVT ada beberapa komponen yang saling berhubungan.

Ilustrasi servis motor di bengkel resmi HondaDok. DAM Ilustrasi servis motor di bengkel resmi Honda

 

Terdapat roller CVT, V-belt, dan kampas kopling ganda yang wajib di perhatikan. Bila tidak akan berimbas pda tenaga mesin dan konsumsi bahan bakar. 

Nurhadi menjelaskan, perawatan wajib yang harus diperhatikan bisa dengan rutin cek kondisi fisik komponen satu persatu. Setelah itu, mengikuti jadwal perawatan berkala untuk melakukan pergantian komponen setiap jarak tempuh yang telah direkomendasikan. 

"Setiap jarak tempuh 8.000 kilometer (km) bisa dilakukan pembersihan komponen. Termasuk memastikan apakah kondisi fisik masih bagus atau tidak. Kemudian perawatan berikutnya melakukan pergantian komponen berkala setiap 24.000 km," kata dia. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.