Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin turbo dengan kapasitas mesin kecil digadang-gadang mampu membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Sehingga, mobil ini bisa dikatakan cocok digunakan di tengah kenaikan harga BBM.

Hanya saja, mesin turbo dulunya hanya digunakan untuk mobil-mobil sport yang memang membutuhkan tenaga yang besar, tapi kini mobil-mobil perkotaan berkapasitas mesin kecil pun sudah dibekali dengan turbo.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan mobil bermesin turbo, berikut ini kelebihan dan kekurangannya!

Baca juga: Mesin Turbo Vs Hybrid, Mana yang Lebih Irit?

Mesin 1.000 cc turbo VW T-CrossDOK. GARUDA MATARAM MOTOR Mesin 1.000 cc turbo VW T-Cross

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan mesin turbo sudah mengalami banyak penyempurnaan, sehingga kelemahan pada mesin turbo sudah banyak teratasi.

“Mesin turbo pada mobil-mobil modern sudah berteknologi canggih, sistemnya sudah termonitor oleh komputer secara menyeluruh, jadi sejak putaran bawah sampai atas sudah bertenaga, tidak ada lagi turbo lag,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Dia mengatakan hal itu membuat mesin turbo menjadi lebih bertenaga sejak mobil awal jalan hingga kecepatan tinggi. Jadi bahan bakar yang dikonsumsi dalam dioptimalkan dengan baik.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mesin dengan Tambahan Turbo Lebih Hemat Bahan Bakar?

Daihatsu Rocky 1.0L TurboKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0L Turbo

“Pendinginan dan pelumasan yang tepat wujud penyempurnaan mesin turbo dapat menangani panas yang berlebih pada mesin turbo, kecuali turbo yg abal-abal, gejala panas mungkin masih menjadi kendala,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan kapasitas mesin yang kecil membuat mobil dengan mesin turbo dikenai pajak tahunan yang lebih rendah.

“Sementara, kekurangannya onderdil turbo mahal jika rusak, selain itu biasanya wajib pakai BBM berkualitas karena kompresinya cukup tinggi, selain itu oli dan air pendingin wajib bagus untuk mendinginkan mesin turbo yang mudah panas,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Ini Perbedaan Mesin Turbocharger dan Supercharger

Test Drive All New Honda HR-V RS 1.5 Turbo di Sirkuit Mandalikadok.HPM Test Drive All New Honda HR-V RS 1.5 Turbo di Sirkuit Mandalika

Secara umum, mesin turbo memiliki banyak keunggulan karena dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, membuat mesin lebih bertenaga, serta menghasilkan emisi gas buang yang rendah. Sedangkan kekurangannya hanya meliputi biaya perawatan yang lebih mahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.