Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Turbo Vs Hybrid, Mana yang Lebih Irit?

Kompas.com - 06/09/2022, 08:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya harga bahan bakar minyak akhir-akhir ini membuat sebagian besar masyarakat berpikir dua kali untuk membeli mobil.

Apakah memang sudah waktunya beralih ke mobil listrik atau masih perlu bertahan di mobil konvensional dengan konsumsi bahan bakar yang irit seperti mobil dengan mesin turbo dan hybrid.

Untuk mobil bermesin turbo dan hybrid memang identik dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Lantas, jika dibandingkan iritan mana mesin turbo atau mesin hybrid?

Baca juga: Biaya Servis Toyota C-HR Hybrid Selama 5 Tahun, Per Bulan Rp 200.000

Mesin turbocharged 1.0 L, Suzuki Swift TurboDok. Kingautos.net Mesin turbocharged 1.0 L, Suzuki Swift Turbo

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan untuk membandingkan iritan mana mesin turbo dan mesin hybrid maka perlu melihat seberapa besar kapasitas mesin yang dibandingkan.

“Harus dilihat dari kapasitas mesinnya, kalau sama kapasitasnya hybrid jauh lebih irit, dengan catatan jenis hybrid yang penuh bukan yang hybrid ringan” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Dia mengatakan dengan kapasitas mesin yang sama, mesin turbo akan memperoleh peningkatan efisiensi bahan bakar serta performa mesin yang lebih baik.

Baca juga: Modifikasi Avanza Lawas Street Racing Pakai Mesin Turbo

Mesin 1.000 cc turbo VW T-CrossDOK. GARUDA MATARAM MOTOR Mesin 1.000 cc turbo VW T-Cross

“Sekarang (mesin turbo) lebih kepada mesin kapasitas kecil dan disematkan turbo untuk mendapatkan efisiensi dan performa mesin,” ucap Didi.

Sementara itu, mesin hybrid tidak hanya sekadar mendapatkan efisiensi dan performa mesin lebih, tapi juga mendapatkan tenaga tambahan.

Seperti yang diketahui, mesin hybrid merupakan perpaduan dua sumber tenaga dari mesin konvensional dan motor listrik.

Jadi, jika dibandingkan dengan kapasitas mesin yang sama, mesin turbo dan hybrid masih iritan hybrid, meski pun turbo juga sebenarnya memiliki sistem yang mendekati sempurna untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan performa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com