Kompas.com - 06/09/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya harga bahan bakar minyak akhir-akhir ini membuat sebagian besar masyarakat berpikir dua kali untuk membeli mobil.

Apakah memang sudah waktunya beralih ke mobil listrik atau masih perlu bertahan di mobil konvensional dengan konsumsi bahan bakar yang irit seperti mobil dengan mesin turbo dan hybrid.

Untuk mobil bermesin turbo dan hybrid memang identik dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Lantas, jika dibandingkan iritan mana mesin turbo atau mesin hybrid?

Baca juga: Biaya Servis Toyota C-HR Hybrid Selama 5 Tahun, Per Bulan Rp 200.000

Mesin turbocharged 1.0 L, Suzuki Swift TurboDok. Kingautos.net Mesin turbocharged 1.0 L, Suzuki Swift Turbo

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan untuk membandingkan iritan mana mesin turbo dan mesin hybrid maka perlu melihat seberapa besar kapasitas mesin yang dibandingkan.

“Harus dilihat dari kapasitas mesinnya, kalau sama kapasitasnya hybrid jauh lebih irit, dengan catatan jenis hybrid yang penuh bukan yang hybrid ringan” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Dia mengatakan dengan kapasitas mesin yang sama, mesin turbo akan memperoleh peningkatan efisiensi bahan bakar serta performa mesin yang lebih baik.

Baca juga: Modifikasi Avanza Lawas Street Racing Pakai Mesin Turbo

Mesin 1.000 cc turbo VW T-CrossDOK. GARUDA MATARAM MOTOR Mesin 1.000 cc turbo VW T-Cross

“Sekarang (mesin turbo) lebih kepada mesin kapasitas kecil dan disematkan turbo untuk mendapatkan efisiensi dan performa mesin,” ucap Didi.

Sementara itu, mesin hybrid tidak hanya sekadar mendapatkan efisiensi dan performa mesin lebih, tapi juga mendapatkan tenaga tambahan.

Seperti yang diketahui, mesin hybrid merupakan perpaduan dua sumber tenaga dari mesin konvensional dan motor listrik.

Jadi, jika dibandingkan dengan kapasitas mesin yang sama, mesin turbo dan hybrid masih iritan hybrid, meski pun turbo juga sebenarnya memiliki sistem yang mendekati sempurna untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan performa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.