Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis di Bengkel Resmi, Ganti Komponen Wajib Persetujuan Pemilik Kendaraan

Kompas.com - 05/09/2022, 20:00 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini anggapan servis mobil di bengkel resmi lebih mahal dibandingkan bengkel umum masih santer terdengar. Salah satu penyebabnya, ada beban pergantian komponen baru jika sudah lewat masa pakainya.

Berbeda dengan bengkel umum, yang biasanya dapat melakukan perbaikan alias 'ngakalin' suatu komponen rusak sampai benar-benar tidak bisa untuk digunakan kembali.

Menanggapi hal tersebut, Technical Leader Auto2000 Agus Mustafa menyebut pergantian komponen itu dilakukan dalam upaya menjaga kualitas, keamanan kendaraan, serta menjaga agar tak timbul masalah baru akibat bagian terkait.

Baca juga: Ban Bus dan Truk Langka, Amankah Pakai Ban Vulkanisir?

"Ketika mobil dinaikin ke lift, kemudian mekanik menemukan kondisi komponen ada yang rusak, pengerjaan tentu lebih dari satu jam. Misalnya, menemukan karet balljoint robek," kata Agus di Jakarta, Minggu (4/9/2022).

"Kemudian mekanik akan melapor ke Service Advisor (SA), nanti SA itu akan menyampaikan kepada pelanggan. Apakah langsung diambil tindakkan atau tidak, kembali lagi ke konsumen," tambahnya.

Apabila konsumen meminta untuk tidak mengambil tindakkan, pihak diler bakal memberikan catatan pada kwitansi atau nota-nya. Namun jika ingin dilakukan pergantian, diler akan segera cek ke bagian sparepart lalu diganti saat itu juga.

Artinya, seluruh kebijakan kembali lagi ke konsumen dan harus dengan persetujuan pemilik. Sehingga biaya servis di bengkel resmi dapat disesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan dari pemilik, termasuk keadaan ekonominya.

Baca juga: Cek Harga Motor Bekas Sport Full Fairing per September 2022

Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis mobil di dealer Auto2000

Dalam kesempatan sama, disebutkan juga bahwa durasi servis di Auto2000 bisa hanya memakan waktu satu jam saja. Dengan catatan, kendaraan tidak memiliki kasus yang perlu ditindak lanjuti.

"Kami ada namanya servis berkala tanpa keluhan. Pengerjaan tidak lebih dari satu jam sehingga tak perlu menunggu waktu lama. Perlu diingat tanpa keluhan ya, kami punya stall express maintanance, nanti mobil bisa masuk di sana sesuai periodik servisnya," lanjut Agus.

Tanpa keluhan yang dimaksud ialah mobil benar-benar tidak memiliki kerusakan lain yang pada akhirnya petugas harus melakukan pengecekkan lebih lanjut dan mengganti komponen terkait.

Adapun satu jam pengerjaan itu, terbagi atas beberapa bagian seperti estimasi pengerjaan buka ban 3 menit, pengecekkan oli 5 menit, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com