Kompas.com - 05/09/2022, 15:45 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comMax Verstappen pebalap Tim Red Bull Racing Max Verstappen kembali menambah kemenangan ke-10 musim ini usai finis terdepan di sirkuit Zandvoort, Belanda, Minggu, 4 September 2022.

Selepas start dari posisi terdepan, Verstappen mampu mempertahankan posisi terdepan sepanjang 72 lap, meski sempat diambil alih oleh rivalnya ketika pitstop terakhir akibat adanya Safety Car.

Namun, berkat penggunaan ban lunak di sisa 12 lap berhasil merebut kembali posisi untuk memenangkan balapan. Bahkan sempat raih lap tercepat di Sirkuit Zandvoort, dengan torehan 1:13,652 detik.

Baca juga: Perbandingan Harga Isi Bensin Penuh Honda Beat dan Yamaha Fazzio

Max Verstappen raih kemenangan di GP Belanda 2022Dok. ExxonMobil Max Verstappen raih kemenangan di GP Belanda 2022

Verstappen mengakui bahwa balapan kali ini cukup menarik dan bukan balapan yang mudah sama sekali. Bahkan dirinya menganggap bahwa rivalnya sangat cepat menggunakan kompon yang lebih keras, dan hal ini tidak terduga.

“Hal tersebut membuat kami lebih sulit karena kami kurang cocok dengan kompon keras. Kami mengelola semuanya dengan cukup baik dan strategi tepat masuk pit, kinerja tim di sini dan di pabrik sangat luar biasa,” ujar Verstappen, dalam keterangan tertulis, Senin (5/9/2022).

“Selalu istimewa bisa memenangkan Grand Prix di rumah sendiri, tetapi tahun ini saya harus bekerja lebih keras untuk meraihnya. Sungguh luar biasa bisa menang lagi didepan penonton, kami mendapat dukungan luar biasa disini dan saya bangga menjadi orang Belanda,” kata dia.

Baca juga: Jadi Buruan, Suzuki Thunder 250 Orisinal Tembus Rp 30 Jutaan

Sementara itu, Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) memuji performa Max Verstappen di GP Belanda, karena berhasil kembali naik podium di depan para penggemarnya.

“Tentunya kemenangan Max Verstappen kali ini tidak mudah dengan tekanan begitu banyak dari para penggemar yang memenuhi tribun penonton. Penerapan strategi yang tepat dari tim juga beri pengaruh, serta performa mobil RB18 di Sirkuit Zandvoort yang sangat kompetitif,” ujar Sri Adinegara, pada kesempatan yang sama.

Sri Adinegara pun optimistis tren kemenangan ini bisa terus dilanjutkan untuk bisa mengukuhkan Max Verstappen sebagai Juara Dunia F1 2022.

Baca juga: Sampai Besok, Transjakarta Tutup Sementara 13 Halte

Pebalap Red Bull asal Belanda, Max Verstappen, saat beraksi di F1 GP Azerbaijan yang berlangsung di Baku City Circuit, Minggu 12 Juni 2022. Max Verstappen harus start dari posisi belakang pada balapan F1 GP Belgia 2022 yang akan digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps, Stavelot, Minggu (28/8/2022) malam WIB.AFP/OZAN KOSE Pebalap Red Bull asal Belanda, Max Verstappen, saat beraksi di F1 GP Azerbaijan yang berlangsung di Baku City Circuit, Minggu 12 Juni 2022. Max Verstappen harus start dari posisi belakang pada balapan F1 GP Belgia 2022 yang akan digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps, Stavelot, Minggu (28/8/2022) malam WIB.

“Namun, apapun bisa terjadi, pastinya Tim Red Bull Racing akan sangat fokus di GP Monza pada pekan mendatang. Semoga saja seluruh tim bisa mempertahankan semangat kemenangan ini,” ucap Sri Adinegara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.