Kompas.com - 02/09/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi model mobil yang mendapat perhatian konsumen di pasar Tanah Air. Pasalnya mobil jenis ini bisa memenuhi kebutuhan pengendara, salah satunya memiliki ketinggian (ground clearance) yang cukup untuk digunakan berbagai aktivitas.

Jika disingkap lebih dalam, harga baru mobil SUV memang cenderung sedikit lebih mahal daripada mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Tapi kalau mau lebih murah, ada banyak pilihan mobil bekas yang patut menjadi pertimbangan.

Dari pantauan Kompas.com pada beberapa situs jual beli mobil bekas daring, Jumat (2/8/2022), keberadaan SUV bekas cukup beragam. Bahkan dengan dana Rp 100 jutaan, sudah bisa memboyong mobil ke garasi rumah dengan usia yang tidak terlalu tua.

Baca juga: Pengemudi Mobil Ngamuk Ditegur karena Merokok

Meski begitu patut diperhatikan, saat membeli mobil bekas calon pembeli perlu memperlihatkan secara rinci plus-minus mobil supaya tidak keluar dana lebih banyak untuk perbaikan nanti.

Seperti contoh untuk Toyota Rush lansiran tahun 2011, dibanderol mulai Rp 124 jutaan sampai Rp 130 jutaan. Sementara untuk tahun yang lebih muda yakni lansiran 2014 berada di kisaran harga Rp 140 jutaan sampai Rp 155 jutaan.

Jika Anda menginginkan harga yang lebih murah, bisa menjatuhkan pilihan pada saudara kembar Toyota Rush, yakni Daihatsu Terios. Untuk mobil bekas Terios lansiran tahun 2011 dibanderol mulai Rp 110 juta sampai Rp 125 jutaan. Sedangkan untuk tahun 2014 berada di kisaran Rp 130 juta sampai Rp 140 jutaan.

Toyota Rush TRD Sportivo 7. Febri Ardani/KompasOtomotif Toyota Rush TRD Sportivo 7.

Selanjutnya untuk pabrikan Honda juga menawarkan SUV bekas dengan harga yang cukup terjangkau. Misalnya untuk Honda BR-V lansiran tahun 2016 dibanderol mulai Rp 160 jutaan sampai Rp 175 juta. Sementara untuk tahun 2017 dibanderol sekitar Rp 175 jutaan sampai Rp 190 jutaan.

Pilihan SUV bekas lainnya datang dari pabrikan Suzuki, yakni Suzuki SX-4. SX-4 bekas lansiran tahun 2010 berada di rentang harga Rp 90 jutaan sampai 110 juta. Sedangkan untuk tahun yang lebih muda 2012, dibanderol Rp 120 jutaan sampai Rp 130 jutaan.

Namun perlu diingat, kisaran harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi mobil dan kelengkapan dokumen kendaraan bermotor.

Baca juga: Sinar Jaya Tambah Empat Bus Baru Buatan Adiputro, Pakai Bodi MHD

Berikut harga SUV murah di beberapa bursa mobil bekas daring per September 2022:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.