Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Luncurkan SUV Hybrid, Termurah di Tiongkok

Kompas.com - 31/08/2022, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini SAIC-GM-Wuling merilis mobil hybrid pertamanya untuk pasar China. Mobil tersebut diberi nama Wuling Xingchen atau dikenal secara global dengan nama Asta hybrid electric vehicle (HEV).

Jika dilihat secara desain, mobil ini bisa menjadi pesaing dari Honda HR-V dan Hyundai Creta, lantaran modelnya yang kompak ala sport utility vehicle (SUV) crossover dengan konfigurasi lima penumpang.

Mobil hybrid pertama dari Wuling ini dibanderol dengan harga RMB 99.800 atau sekitar Rp 215 jutaan dan RMB 109.800 atau Rp 237 jutaan. Banderol tersebut menjadikan mobil hybrid termurah yang dipasarkan di Tiongkok.

Baca juga: Ini Bedanya Kendaraan Berhenti dan Parkir di Jalan Raya

Mengutip dari carnewschina, Rabu (31/8/2022), Wuling Xingchen mengusung konsep wing-moving aesthetics yang sama dengan SUV Wuling Star. Hanya saja mobil ini dibekali dengan warna morandi sehingga membuatnya terlihat stylish dan cocok untuk anak muda.

Wuling Xingchendoc carnewschina Wuling Xingchen

Pada sisi eksterior, tampilan depan Xingchen terlihat dinamis berkat garis tegas, ditambah kisi-kisi yang mengadopsi desain berbentuk V lengkap dengan logo merek 5 berlian.

Untuk sektor penerangan, mobil ini sudah menggunakan LED projector serta DRL yang menyambung ke gril depan.

Sementara untuk bagian kaki-kaki, Wuling Xingchen disokong dengan pelek bermotif two tone dengan ukuran 18 inci.

Adapun pada bagian belakang menampilkan desain yang cukup sederhana dengan emblem Wuling pada bagian tengah yang diletakan sejajar dengan lampu rem. Tak ketinggalan disematkan logo HEV yang menandakan bahwa mobil ini merupakan varian hybrid.

Wuling Xingchendoc carnewschina Wuling Xingchen

Masuk ke bagian interior, Wuling Xingchen dibekali kabin yang cukup mewah dan nyaman dengan warna interior beige. Mobil ini juga sudah dilengkapi head unit 10.25 inci, panoramic sunroof, AC dual zone otomatis, jok dan rem parkir elektrik, serta power back door.

Bicara soal jantung pacu, Wuling Xingchen dibekali mesin berkapasitas 2.000cc naturally aspirated yang mampu menghasilkan tenaga 135 Hp dan torsi maksimum 320 Nm.

Baca juga: Pakai Sepeda Motor Listrik Bisa Hemat Biaya sampai 50 Persen

Mesin tersebut dikawinkan dengan Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dan baterai lithium-ion ternary. Mobil ini diklaim bisa meluncur dari 0-100 km per jam dalam waktu 7,8 detik dan diklaim bisa menempuh jarak sejauh 1.000 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com