Kompas.com - 31/08/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini SAIC-GM-Wuling merilis mobil hybrid pertamanya untuk pasar China. Mobil tersebut diberi nama Wuling Xingchen atau dikenal secara global dengan nama Asta hybrid electric vehicle (HEV).

Jika dilihat secara desain, mobil ini bisa menjadi pesaing dari Honda HR-V dan Hyundai Creta, lantaran modelnya yang kompak ala sport utility vehicle (SUV) crossover dengan konfigurasi lima penumpang.

Mobil hybrid pertama dari Wuling ini dibanderol dengan harga RMB 99.800 atau sekitar Rp 215 jutaan dan RMB 109.800 atau Rp 237 jutaan. Banderol tersebut menjadikan mobil hybrid termurah yang dipasarkan di Tiongkok.

Baca juga: Ini Bedanya Kendaraan Berhenti dan Parkir di Jalan Raya

Mengutip dari carnewschina, Rabu (31/8/2022), Wuling Xingchen mengusung konsep wing-moving aesthetics yang sama dengan SUV Wuling Star. Hanya saja mobil ini dibekali dengan warna morandi sehingga membuatnya terlihat stylish dan cocok untuk anak muda.

Wuling Xingchendoc carnewschina Wuling Xingchen

Pada sisi eksterior, tampilan depan Xingchen terlihat dinamis berkat garis tegas, ditambah kisi-kisi yang mengadopsi desain berbentuk V lengkap dengan logo merek 5 berlian.

Untuk sektor penerangan, mobil ini sudah menggunakan LED projector serta DRL yang menyambung ke gril depan.

Sementara untuk bagian kaki-kaki, Wuling Xingchen disokong dengan pelek bermotif two tone dengan ukuran 18 inci.

Adapun pada bagian belakang menampilkan desain yang cukup sederhana dengan emblem Wuling pada bagian tengah yang diletakan sejajar dengan lampu rem. Tak ketinggalan disematkan logo HEV yang menandakan bahwa mobil ini merupakan varian hybrid.

Wuling Xingchendoc carnewschina Wuling Xingchen

Masuk ke bagian interior, Wuling Xingchen dibekali kabin yang cukup mewah dan nyaman dengan warna interior beige. Mobil ini juga sudah dilengkapi head unit 10.25 inci, panoramic sunroof, AC dual zone otomatis, jok dan rem parkir elektrik, serta power back door.

Bicara soal jantung pacu, Wuling Xingchen dibekali mesin berkapasitas 2.000cc naturally aspirated yang mampu menghasilkan tenaga 135 Hp dan torsi maksimum 320 Nm.

Baca juga: Pakai Sepeda Motor Listrik Bisa Hemat Biaya sampai 50 Persen

Mesin tersebut dikawinkan dengan Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dan baterai lithium-ion ternary. Mobil ini diklaim bisa meluncur dari 0-100 km per jam dalam waktu 7,8 detik dan diklaim bisa menempuh jarak sejauh 1.000 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.