Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022 bakal menjadi momentum gerakan konversi kendaraan listrik di Indonesia.

Hal inilah yang disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat meninjau kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Nusa Dua, Bali.

"Jadi mulai dari G20 ini menjadi awal dari proses konversi mobil listrik di Indonesia,” ujar Ma’ruf Amin, dilansir dari Antara, Selasa (30/8/2022).

KTT G20, selain untuk pertemuan internasional tapi kita juga mulai juga hal yang baru untuk mobil listrik dan kendaraan motor listrik," kata dia.

Baca juga: Korlantas Polri Usul Pajak Progresif Kendaraan Dihapus

Sambut Puncak Acara Presidensi G20, Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Kesiapan SPKLU PLN di Bali..Dok. PLN Sambut Puncak Acara Presidensi G20, Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Kesiapan SPKLU PLN di Bali..

Wapres juga mengatakan, penggunaan mobil listrik menjadi awal untuk menanggulangi masalah dalam harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Saya tadi menyaksikan di stasiun pengisian mobil listrik dan semuanya diatur sangat canggih dan otomatis, (mengisi) mobil hanya dalam 15 menit sudah terisi 100 persen jadi cepat sekali," ucap Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan, pemerintah serius untuk mulai mengubah penggunaan kendaraan dengan BBM menjadi kendaraan listrik.

Baca juga: MotoGP Mulai Sepi Penonton, Lorenzo Ungkap Penyebabnya

"Sebagaimana sudah disampaikan Bapak Wapres, nanti APBN akan mengarah pada penggunaan mobil, motor, bus listrik agar Jakarta atau Indonesia udaranya tambah baik,” kata Luhut, pada kesempatan yang sama.

“Dan juga itu akan mengurangi impor energi kita sehingga dengan begitu kita tidak akan tergantung lagi kepada luar terlalu banyak," ujar dia.

Luhut juga menambahkan, Presiden Jokowi sudah menginstruksikan konversi kendaraan listrik mulai tahun ini hingga 2030.

“Kita berharap 2030 Indonesia akan sangat-sangat berkurang menggunakan motor dan mobil listrik, kita berharap Jakarta udaranya makin bersih untuk kesehatan kita semua," ucap Luhut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.