Kompas.com - 30/08/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi mesin Dual VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent) hampir disematkan di semua mobil Daihatsu keluaran terbaru. Hanya ada beberapa yang tidak dibekali, salah satunya Ayla 1KR-DE 3 silinder 1.000 cc.

Bagi Anda yang sedang berencana meminang mobil ini, tentu saja akan memperhatikan detail fitur yang disematkan. Apalagi, semakin lengkap fitur biasanya diiringi dengan harga yang lebih mahal.

Lantas, apa sih kelebihan Dual VVT-i daripada Daihatsu non VVT-i?

Baca juga: Ini Kelebihan Teknologi Dual VVT-i Milik Avanza dan Veloz

Tampilan Ayla terlihat lebih segar dengan pilihan mesin baru, 1.2LDonny A/KompasOtomotif Tampilan Ayla terlihat lebih segar dengan pilihan mesin baru, 1.2L

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan teknologi Dual VVT-i menunjang kinerja mesin menjadi lebih bertenaga dan efisien bahan bakar.

“Kelebihannya (Dual VVT-i) lebih bertenaga, irit bahan bakar dan emisi gas buangnya rendah,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Selasa (30/8/2022).

Dia mengatakan hal tersebut bisa terjadi lantaran prinsip kerja dari teknologi tersebut adalah berupaya menyesuaikan waktu membuka dan menutup katup pada mesin, baik katup masuk atau katup buang.

Baca juga: Mengenal Teknologi Mesin Dual VVT-i

Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022

“Prinsip kerjanya Dual VVT-i mengatur pembukaan katup masuk dan keluar sesuai dengan kebutuhan kendaraan,” ucap Bambang.

Jadi, ketika mesin membutuhkan tenaga lebih, maka katup buka bisa diatur membuka lebih lama dengan memajukan waktu pembukaanya.

Untuk menjaga efisiensi bahan bakar, maka katup buang bisa diatur membuka lebih lambat agar setiap bahan bakar baru yang masuk tidak ikut terbuang bersama gas sisa pembakaran.

Baca juga: Xenia 1.0-Liter Belum Pakai Mesin Dual VVT-i

Mesin Daihatsu Rocky 1.2LKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mesin Daihatsu Rocky 1.2L

“Lebih detailnya ECU akan berperan membaca kebutuhan mesin melalui sensor-sensor yang ada, lalu akan memerintahkan pembukaan katup sesuai dengan kebutuhan,” ucap Bambang.

Dia juga menjelaskan, komponen ini terletak mengikat bersama camshaft dan akan digerakan oleh tekanan oli mesin. Sehingga, setiap katup pada masing-masing silinder akan berubah mengikuti pergerakan perangkat VVT-i.

Dengan demikian, teknologi Dual VVT-i berperan cukup penting dalam mesin dengan mengubah waktu pembukaan katup secara terus menerus berdasarkan kebutuhan. Hal ini diklaim mampu meningkatkan tenaga, menghemat konsumsi bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.