Segera Berakhir, Ini Rincian Program Pemutihan Pajak Kendaraan di Bali

Kompas.com - 26/08/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Program pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) akan segera berakhir di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Bali.

Berlaku sejak 4 April 2022, program pemutihan PKB di Bali akan berakhir bulan ini, 31 Agustus 2022.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali I Made Santha mengatakan, menurut data yang diterimanya per Januari hingga Februari 2022, ada 449.249 unit kendaraan yang belum membayarkan pajak dengan nilai total sekitar Rp 223 miliar.

Baca juga: Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Masih Berlaku di Banten

"Sehingga dengan kebijakan relaksasi pajak ini, bagi masyarakat yang terlambat dan belum membayar pajak tidak perlu membayar bunga dan denda, hanya wajib membayar pajaknya saja," ucap dia, dikutip dari baliprov.go.id, Jumat (26/8/2022).

Menurut dia, faktor ekonomi menjadi penyebab terbesar masyarakat tidak memprioritaskan bayar pajak.

"Di penghujung tahun 2021 kontraksi ekonomi masih terjadi di Bali, walaupun tidak sebesar tahun 2020, namun ekonomi kita masih negative. Saya harap tahun 2022 pergerakan sudah mulai ada sehingga ekonomi Bali bisa tumbuh dan positif lagi," ucap dia.

RIncian program

Mengacu pada Pergub Bali Nomor 63 tahun 2021 dan Pergub Nomor 41 tahun 2022, ada dua keringanan yang akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Bali selama program relaksasi pajak kendaraan tahun 2022.

Yang bpertama adalah pembebasan BBN II yang sudah berakhir pada Juni 2022 lalu. Program yang masih bisa dimanfaatkan saat ini adalah pembebasan denda pajak kendaraan bermotor, hingga 31 Agustus 2022 mendatang.

Booth Samsat Digital Nasional di Hall 10 ICE BSD, TangerangKOMPAS.com/Serafina Ophelia Booth Samsat Digital Nasional di Hall 10 ICE BSD, Tangerang

Baca juga: Alasan Pemilik Kendaraan Enggan Bayar Pajak Progresif

Untuk pembayaran PKB tahunan, bisa dilakukan di Kantor Samsat Kota dan Kabupaten Bali, Samsat Keliling, Samsat Corner, Samsat Drive Thru, dan layanan e-Samsat.

Sementara untuk pajak 5 tahunan serta BBNKB dilakukan di Kantor Samsast Induk di mana kendaraan terdaftar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.