Kompas.com - 24/08/2022, 16:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Modifikasi audio identik dengan bertambahnya beban mesin pada mobil. Hal itu bisa terjadi lantaran audio membutuhkan daya listrik cukup besar, sehingga kerja dinamo ampere lebih diandalkan.

Bahkan sebagian orang beranggapan perlu mengganti baterai dengan yang lebih besar agar kinerja mesin dan aki tidak terganggu.

Lantas, apakah benar anggapan tersebut?

Baca juga: Hati-hati, Jangan Sembarangan Pasang Audio Tambahan di Mobil Listrik

Speaker Focal SlatefiberKOMPAS.com/STANLY RAVEL Speaker Focal Slatefiber

Pemilik Mangunworks Car Audio Installer Ari Nugroho, mengatakan untuk modifikasi audio yang ekstrem, memang perlu dilakukan penggantian baterai dengan yang lebih besar, tapi jika modifikasinya umum tidak perlu mengganti baterai.

“Jika modifikasi audio yang dilakukan ekstrem, membutuhkan daya yang sangat besar, maka penggantian baterai perlu karena dinamo ampere memiliki batas dalam menghasilkan listrik,” ucap Ari kepada Kompas.com, Selasa (23/8/2022).

Dia mengatakan dewasa ini beberapa audio yang beredar di pasaran sudah mengalami perubahan, jadi daya yang dibutuhkan audio modifikasi tidak sebesar dengan audio pada zaman dulu.

Baca juga: Benarkah Modifikasi Audio Bikin BBM Mobil Jadi Boros?

Focal Slatefiber 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Focal Slatefiber 2022

“Audio sekarang tidak membutuhkan daya yang besar tapi mampu menghasilkan daya yang cukup besar berkat teknologi yang sudah berkembang,” ucap Ari.

Dia menjelaskan beberapa perangkat elektronik mengalami kemajuan yang cukup pesat. Seperti memori penyimpanan, dulu masih menggunakan disket, sekarang menggunakan flashdisk dengan kapasitas yang sangat besar. Ari mengatakan hal itu juga berlaku pada perangkat audio.

“Yang penting saat menyalakan audio pastikan dalam kondisi mesin menyala, sehingga suplai listrik ke baterai tetap terjaga,” ucap Ari.

Jadi, kebanyakan modifikasi audio mobil untuk saat ini tidak lagi memerlukan penggantian baterai menjadi lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.