Kompas.com - 24/08/2022, 13:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil dengan perangkat pemutar musik yang bagus menjadi dambaan sejumlah orang. Tidak bisa dipungkiri, masyarakat gemar mendengarkan musik ketika berkendara.

Maka dari itu, tidak sedikit pengguna mobil melakukan modifikasi perangkat pemutar musik bawaan pabrik menjadi lebih berkualitas.

Pemilik Mangunworks Car Audio Installer Ari Nugroho, mengatakan ada beberapa komponen wajib dalam memodifikasi perangkat musik pada mobil, tergantung dari jenis modifikasinya.

Baca juga: Hati-hati, Jangan Sembarangan Pasang Audio Tambahan di Mobil Listrik

Audio Rainbow di GIIAS 2022dok.AudioPlusIndonesia Audio Rainbow di GIIAS 2022

Komponen utamanya ya head unit, power amplifier jika dibutuhkan, speaker, kabel instalasi dan dudukan kostum, biasanya kan audio perlu bentuk serta letak yang rapi agar interior mobil tetap rapi,” ucap Ari kepada Kompas.com, Selasa (23/8/2022).

Dia mengatakan semua perangkat tersebut harus sesuai besaran daya serta frekuensinya agar suara yang dihasilkan optimal.

“Daya head unit misal, itu wattnya harus sepadan dengan speaker, jika terlalu kecil maka speaker tidak akan optimal mengeluarkan suara yang bagus, jadi memang harus butuh penyesuaian,” ucap Ari.

Baca juga: Benarkah Modifikasi Audio Bikin BBM Mobil Jadi Boros?

Pilihan produk audio mobil di bengkel Sterindo Autosound di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan (28/3/2022).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pilihan produk audio mobil di bengkel Sterindo Autosound di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan (28/3/2022).

Dia mengatakan pemasangan perangkat yang baik dan benar juga berpengaruh terhadap hasil.

“Selain daya perangkat harus sesuai, pemasangan juga harus tepat, ini sering disepelekan padahal sangat berpengaruh terhadap hasil suara yang dikeluarkan oleh speaker,” ucap Ari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.