Kompas.com - 24/08/2022, 09:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Kenyamanan berkendara menjadi bagian yang penting saat melajukan mobil. Suara bising kerap menjadi permasalahan yang menganggu pengemudi saat berkendara.

Untuk menunjang kenyamanan berkendara sukini banyak aksesori pelengkap untuk memenuhi kebutuhan pengendara, salah satunya peredam suara mobil.

Baca juga: Pemerintah Berencana Alihkan Anggaran Subsidi BBM ke Kendaraan Listrik

Ada beragam pilihan merek peredam suara mobil yang di kini bisa dipilih. Harga dari peredam suara mobil variatif, tergantung dari jenis material, merek, dan juga jasa pemasangan.

Lalu, apa saja plus minus mobil pakai peredam suara?

Novia Hadi Putri, Brand Manager Z3RO Solution, mengatakan, pemasangan peredam pada mobil akan meminimalisasi suara yang mengganggu di dalam kabin saat berkendara.

“Memberikan kenyamanan berkendara, getaran yang merambat melalui bodi mobil dan masuk ke kabin tereduksi dengan baik,” kata Novia kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Booth Z3RO Solution, peredam suara mobil di IIMS 2022.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Z3RO Solution, peredam suara mobil di IIMS 2022.

Novia menjelaskan, jika peredam akan mempertebal bodi mobil sehingga mobil makin kedap suara. Begitu peredam di pasang, suara bising dari luar mobil akan tereduksi sehingga tidak masuk ke dalam kabin mobil.

Baca juga: Pemerintah Berencana Alihkan Anggaran Subsidi BBM ke Kendaraan Listrik

Kebisingan dari luar mobil yakni bising dari bagian roda atau jalan yang disebut road noise.
Tidak hanya itu, pemasangan peredam suara pada mobil juga akan mereduksi transmisi panas dari bagian kap mesin maupun bagian bawah.

“Lalu, mengurangi suara rintik hujan pada bagian plafon mobil,” kata Novia.

Namun, menambahkan ketebalan pelat bodi dengan material peredam otomatis menambah bobot pada mobil. Bicara bobot kendaraan, berpengaruh langsung terhadap konsumsi bahan bakar, karena memengaruhi kinerja mesin lebih ekstra untuk bekerja ketimbang mobil tanpa peredam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.