Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus kalau Mobil Pakai Peredam Suara

Kompas.com - 24/08/2022, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Kenyamanan berkendara menjadi bagian yang penting saat melajukan mobil. Suara bising kerap menjadi permasalahan yang menganggu pengemudi saat berkendara.

Untuk menunjang kenyamanan berkendara sukini banyak aksesori pelengkap untuk memenuhi kebutuhan pengendara, salah satunya peredam suara mobil.

Baca juga: Pemerintah Berencana Alihkan Anggaran Subsidi BBM ke Kendaraan Listrik

Ada beragam pilihan merek peredam suara mobil yang di kini bisa dipilih. Harga dari peredam suara mobil variatif, tergantung dari jenis material, merek, dan juga jasa pemasangan.

Lalu, apa saja plus minus mobil pakai peredam suara?

Novia Hadi Putri, Brand Manager Z3RO Solution, mengatakan, pemasangan peredam pada mobil akan meminimalisasi suara yang mengganggu di dalam kabin saat berkendara.

“Memberikan kenyamanan berkendara, getaran yang merambat melalui bodi mobil dan masuk ke kabin tereduksi dengan baik,” kata Novia kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Booth Z3RO Solution, peredam suara mobil di IIMS 2022.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Z3RO Solution, peredam suara mobil di IIMS 2022.

Novia menjelaskan, jika peredam akan mempertebal bodi mobil sehingga mobil makin kedap suara. Begitu peredam di pasang, suara bising dari luar mobil akan tereduksi sehingga tidak masuk ke dalam kabin mobil.

Baca juga: Pemerintah Berencana Alihkan Anggaran Subsidi BBM ke Kendaraan Listrik

Kebisingan dari luar mobil yakni bising dari bagian roda atau jalan yang disebut road noise.
Tidak hanya itu, pemasangan peredam suara pada mobil juga akan mereduksi transmisi panas dari bagian kap mesin maupun bagian bawah.

“Lalu, mengurangi suara rintik hujan pada bagian plafon mobil,” kata Novia.

Namun, menambahkan ketebalan pelat bodi dengan material peredam otomatis menambah bobot pada mobil. Bicara bobot kendaraan, berpengaruh langsung terhadap konsumsi bahan bakar, karena memengaruhi kinerja mesin lebih ekstra untuk bekerja ketimbang mobil tanpa peredam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com