Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Peredam Suara yang Pas untuk Mobil

Kompas.com - 24/08/2022, 09:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Peredam suara mobil kini menjadi salah satu pilihan untuk menunjang kenyamanan berkendara. Ada banyak jenis dan harga peredam suara untuk mobil yang ditawarkan oleh pasar.

Mulai dari kualitas dan harga ekonomis, hingga yang harus merogoh kocek dalam bisa jadi pilihan. Namun, masih banyak yang kesulitan memilih peredam suara untuk mobil yang tepat. Alhasil, kualitas peredam suara yang digunakan tidak sesuai dengan dana yang telah dikeluarkan.

Baca juga: Pemerintah Berencana Alihkan Anggaran Subsidi BBM ke Kendaraan Listrik

Novia Hadi Putri, Brand Manager Z3RO Solution mengimbau agar pemilik mobil hendaknya memilih peredam yang asli dan bergaransi resmi. Kemudian cari tahu pula material jenis apa yang digunakan oleh produk tersebut.

“Peredam aluminium butyl rubber memang banyak di pasaran, tetapi bahan butyl dengan kualitas food grade dan tersertifikasi juga penting serta baik untuk kesehatan,” kata Novia kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Pemilihan material peredam sangat penting karena begitu di kabin mobil akan langsung menghirup udara kabin.

Jika bahan yang dipilih berbahaya bagi indra penciuman, peredam suara tersebut justru akan mengganggu kenyamanan berkendara.

Ilustrasi peredam suara pada kabin mobilGRIDOTO.com/RADITYO HERDIANTO Ilustrasi peredam suara pada kabin mobil

Maka dari itu, pilihlah peredam yang tidak mengandung campuran bitumen dan tidak berbau di kabin. Misalnya dengan bahan yang terbuat dari alumunium foil murni yang mana bukan campuran.

Bitumen sendiri adalah, cairan aspal hasil persenyawaan hidrogen dan hidrokarbon dengan sedikit campuran sulfur, klor serta oksigen.

Novia mengatakan jika bahan peredam suara yang baik digunakan adalah berupa fiber foam atau busa poliuretan.

Baca juga: SYM MMBCU, Skutik Taiwan Rasa Kawasaki H2

Bahan tersebut bagus untuk mengontrol pantulan suara sehingga apabila melakukan upgrade speaker maka suara yang dihasilkan speaker akan jauh lebih fokus.

“Selain itu kabin akan terasa lebih kedap. Semua jenis mobil dapat menggunakan peredam suara berbahan busa seperti Z3RO fiber foam dan Vibrofiltr Black Layer. Peredam ini aplikasikan pada doortrim plastik dan plafon,” kata Novia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com