Kompas.com - 23/08/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji emisi kendaraan bermotor wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan yang kendaraannya berusia lebih dari tiga tahun. Tentunya ini juga wajib bagi warga yang kendaraannya beroperasi di wilayah DKI Jakarta.

Langkah ini menjadi salah satu upaya untuk mengurangi tingkat polusi di Ibu Kota. Untuk mempermudah uji emisi, saat ini Pemprov DKI telah menyertifikasi ratusan bengkel di Ibu Kota agar bisa melakukan pengujian emisi.

Agar bisa lulus uji emisi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan, mulai dari bahan bakar yang digunakan hingga modifikasi. Hal ini disampaikan oleh Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM).

Baca juga: Berikut Prosedur Pengecekan Uji Emisi Kendaraan Bermotor

"Penggunaan bensin yang tidak sesuai dengan yang diperuntukkan oleh mesin juga memengaruhi hasil. Kurangnya perawatan berkala pada mesin juga dapat memengaruhi hasilnya," ucap Didi kepada Kompas.com, Selasa (23/8/2022).

Penggunaan bensin dengan kualitas tinggi juga tidak bisa menjadi penjamin bahwa mobil bisa lulus uji emisi. Bahan bakar yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan mobil.

Perawatan yang dilakukan secara berkala dan rutin menjadi salah satu poin penting yang perlu diperhatikan agar mobil lulus pengujian emisi.

Uji emisi gas buangAuto2000 Uji emisi gas buang

Baca juga: Ini Lama Masa Berlaku Hasil Uji Emisi Kendaraan Bermotor

"Memodifikasi seperti memasang piggyback dan lain-lain untuk meningkatkan performa mesin juga memengaruhi emisi gas buang," ucap Didi.

Supaya bisa lulus uji emisi, Didi menjelaskan, komponen-komponen yang harus diperiksa merupakan komponen yang berdampak kepada emisi.

"Seperti bensin, busi, saringan udara," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.