Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Lulus ujian praktik menjadi salah satu syarat untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia. Maka dari itu, setiap pengemudi harus datang langsung di ke lokasi tempat ujian agar bisa mendapatkan SIM.

Jika biasanya ujian praktik pembuatan SIM dilakukan pagi menjelang siang, kini ada terobosan baru dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kota Salatiga pelayanan pembuatan atau perpanjangan SIM.

Baca juga: Mengenal Sprint Race, Aturan dan Cara Balapannya di MotoGP 2023

Terobosan tersebut berupa menggelar ujian praktik bagi pemohon SIM baru pada sore hari, yakni mulai pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Inovasi pelatihan ujian praktik SIM sore hari ini dilaksanakan setiap hari, Senin-Sabtu mulai pukul 15.00-17.00 WIB setelah pelayanan selesai. Kegiatan dilaksanakan bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun yang disediakan Satlantas Polres Salatiga,” kata Kasatlantas Polres Salatiga, AKP Betty Nugroho dikutip dari korlantas.polri.go.id, Minggu (21/8/2022).


Betty mengatakan jika warga yang ingin membuat SIM bisa langsung datang ke Satlantas Polres Salatiga di Jalan Diponegoro No. 82, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Warga yang ingin membuat atau memperpanjang SIM, harus terlebih dahulu menyiapkan berkas persyaratan yang dibutuhkan.

Mulai, KTP asli dan fotokopi, surat keterangan kesehatan dari dokter, surat keterangan lulus tes kejiwaan atau psikotes, dan lain-lain.

Baca juga: Cek Titik Parkir dan Shuttle Bus GIIAS 2022

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)Kompas.com/Oik Yusuf Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Cek kesehatan bisa dilakukan di klinik kesehatan yang tersedia di belakang Kantor Satlantas Polres Salatiga yang jaraknya sekitar 100 meter.

Selama tes kesehatan, pemohon akan diperiksa tekanan darah, daya penglihatan, tinggi badan maupun berat badan. Sementara untuk tes psikologi, pemohon SIM diminta menjawab pertanyaan yang sesuai dengan kepribadian.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.