Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan Daihatsu Rocky Hybrid

Kompas.com - 20/08/2022, 15:31 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pada pameran GIIAS 2022, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menghadirkan Rocky e-SMART Hybrid. Sebuah mobil elektrifikasi yang sudah dijual di Jepang. Sementara di Indonesia, mobil ini baru sekadar dipamerkan saja.

Banyak yang penasaran, apa saja perbedaan antara Rocky Hybrid yang hadir di Jepang, dengan Rocky yang sudah meluncur di Indonesia?

Rocky Hybrid mengusung mesin berkapasitas 1.198 cc 3-silinder yang sebetulnya sama dengan Rocky 1.2 liter di Tanah Air.

Baca juga: Truk Brimob Harga Rp 1 Miliar, Tarik Perhatian Pengunjung GIIAS 2022

Mesin Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022

Bedanya, mesin Rocky Hybrid berkode WA-VEX yang merupakan pengembangan dari unit WA-VE. Di atas kertas, Mesin WA-VE menghasilkan tenaga 87 tk pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm.

Sementara itu, mesin Rocky Hybrid menghasilkan tenaga 82 tk pada 5.600 rpm dan torsi 105 Nm pada 3.200-5.200 rpm.

Di samping itu, mesin WA-VEX berperan sebagai generator listrik untuk motor elektrik AC Synchronous yang menggerakkan roda Rocky Hybrid.

Baca juga: Mana yang Lebih Unggul, Mobil Mesin Injeksi atau Karburator?

Motor berkode E1A tersebut bertenaga 78 kW atau 106 tk pada 4.372-6.329 rpm dan memiliki torsi 170 Nm pada 0-4.372 rpm.

Adapun Rocky 1.0 L mengusung mesin 1.000 cc turbo dengan tenaga 97,8 ps atau setara 96,4 tk pada 6.000 rpm dan torsi 15,2 kgm atau setara 149 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Selain mesin, perbedaan juga datang dari tampilannya. Rocky tipe Premium G HEV memiliki gril dengan motif mesh atau jaring, serta emblem Daihatsu beraksen biru.

Baca juga: Ubah Interior Fortuner Jadi Seperti Alphard Rogoh Kocek Rp 130 Juta

Daihatsu Rocky HybridKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Rocky Hybrid

Kemudian, terdapat pelek ukuran 6 inci berdesain sederhana dengan lima lubang baut. Serta e-SMART HYBRID di bagian fender dan pintu bagasi.

Saat redaksi coba masuk ke interiornya, terasa bagian pintu Rocky Hybrid memiliki peredaman yang lebih baik dibanding model lokal.

Hal ini terdengar dari suara bantingan pintu yang lebih mantap, baik itu pintu depan, belakang, dan bagasi. Lalu pada pintu bagasi bagian dalam juga diberikan cover plastik warna abu-abu.

Baca juga: Ragam Bus Medium di GIIAS, Mewah Sampai Jadi Studio Berjalan

Sejumlah fitur menarik pada Daihatsu Rocky HybridKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Sejumlah fitur menarik pada Daihatsu Rocky Hybrid

Soal fitur keselamatan dan keamanan, Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi sistem keamanan aktif Smart Assist, yang terdiri dari 19 fungsi keselamatan aktif.

Mulai dari fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan ‘maximum speed’ dan ‘stop’.

Selain itu, Daihatsu Rocky Hybrid juga mengadopsi rem parkir elektrik, disertai Adaptive Cruise Control (ACC) yang membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman.

Baca juga: Meluncur Tahun Depan, Chery Omoda 5 Sudah Punya Peminat

Fitur-fitur yang berbeda pada Daihatsu Rocky HybridKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Fitur-fitur yang berbeda pada Daihatsu Rocky Hybrid

Tak ketinggalan, Rocky Hybrid juga menyematkan fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi menstabilkan kendaraan dengan memberikan sejumlah gaya pengereman ke roda saat menikung, bila kendaraan terdeteksi melayang ke arah di luar kurva jalur.

Adapun fitur lainnya yang kami catat adalah Smart Pedal, layar instrumen khusus, levelling headlamp yang bisa diatur manual, outlet AC 100V/1.500W di bagasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com