Salin Artikel

Lebih Dekat dengan Daihatsu Rocky Hybrid

TANGERANG, KOMPAS.com – Pada pameran GIIAS 2022, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menghadirkan Rocky e-SMART Hybrid. Sebuah mobil elektrifikasi yang sudah dijual di Jepang. Sementara di Indonesia, mobil ini baru sekadar dipamerkan saja.

Banyak yang penasaran, apa saja perbedaan antara Rocky Hybrid yang hadir di Jepang, dengan Rocky yang sudah meluncur di Indonesia?

Rocky Hybrid mengusung mesin berkapasitas 1.198 cc 3-silinder yang sebetulnya sama dengan Rocky 1.2 liter di Tanah Air.

Bedanya, mesin Rocky Hybrid berkode WA-VEX yang merupakan pengembangan dari unit WA-VE. Di atas kertas, Mesin WA-VE menghasilkan tenaga 87 tk pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm.

Sementara itu, mesin Rocky Hybrid menghasilkan tenaga 82 tk pada 5.600 rpm dan torsi 105 Nm pada 3.200-5.200 rpm.

Di samping itu, mesin WA-VEX berperan sebagai generator listrik untuk motor elektrik AC Synchronous yang menggerakkan roda Rocky Hybrid.

Motor berkode E1A tersebut bertenaga 78 kW atau 106 tk pada 4.372-6.329 rpm dan memiliki torsi 170 Nm pada 0-4.372 rpm.

Adapun Rocky 1.0 L mengusung mesin 1.000 cc turbo dengan tenaga 97,8 ps atau setara 96,4 tk pada 6.000 rpm dan torsi 15,2 kgm atau setara 149 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Selain mesin, perbedaan juga datang dari tampilannya. Rocky tipe Premium G HEV memiliki gril dengan motif mesh atau jaring, serta emblem Daihatsu beraksen biru.

Kemudian, terdapat pelek ukuran 6 inci berdesain sederhana dengan lima lubang baut. Serta e-SMART HYBRID di bagian fender dan pintu bagasi.

Saat redaksi coba masuk ke interiornya, terasa bagian pintu Rocky Hybrid memiliki peredaman yang lebih baik dibanding model lokal.

Hal ini terdengar dari suara bantingan pintu yang lebih mantap, baik itu pintu depan, belakang, dan bagasi. Lalu pada pintu bagasi bagian dalam juga diberikan cover plastik warna abu-abu.

Soal fitur keselamatan dan keamanan, Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi sistem keamanan aktif Smart Assist, yang terdiri dari 19 fungsi keselamatan aktif.

Mulai dari fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan ‘maximum speed’ dan ‘stop’.

Selain itu, Daihatsu Rocky Hybrid juga mengadopsi rem parkir elektrik, disertai Adaptive Cruise Control (ACC) yang membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman.

Tak ketinggalan, Rocky Hybrid juga menyematkan fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi menstabilkan kendaraan dengan memberikan sejumlah gaya pengereman ke roda saat menikung, bila kendaraan terdeteksi melayang ke arah di luar kurva jalur.

Adapun fitur lainnya yang kami catat adalah Smart Pedal, layar instrumen khusus, levelling headlamp yang bisa diatur manual, outlet AC 100V/1.500W di bagasi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/20/153100015/lebih-dekat-dengan-daihatsu-rocky-hybrid

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.