Kompas.com - 18/08/2022, 17:12 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – Para pengendara kendaraan niaga punya peran penting dalam menjaga keamanan mobil selama di perjalanan.

Oleh sebab itu, selain memberikan dan menambah fitur keamanan, perlu ada edukasi tambahan bagi para sopir untuk menambah wawasannya soal keamanan dan keselamatan berkendara.

Attias Asril, Sales dan Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, sebagai agen pemegang merek (APM) selalu memberikan edukasi dan mengimbau kepada para partner agar selalu memahami dan patuh terhadap perlengkapan keselamatan berkendara.

Baca juga: 6 Mobil Termahal di GIIAS 2022, Paling Mahal Tembus Rp 7,7 Miliar

Bangku bus dengan sabuk pengaman tiga titikDOK. RIMBA KENCANA Bangku bus dengan sabuk pengaman tiga titik

"Tentunya dengan tujuan agar selalu aman dan nyaman selama di perjalanan. Sehingga diharapkan semua para partner untuk selalu patuh kepada regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," ujar Attias, Kamis (18/8/2022).

Seperti diketahui, setiap kendaraan komersial wajib memenuhi peralatan perlengkapan keselamatan berkendara, termasuk yang sifatnya darurat.

Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, mengatakan, ada sejumlah perlengkapan keselamatan berkendara yang harus dilengkapi pada kendaraan komersial.

Baca juga: Toyota Tanggapi Kemunculan Daihatsu Ayla EV di GIIAS 2022

Pemasangan Alat Pemantul Cahaya saat Ramp check Dirjen Hubdat Budi Setiyadi di Pelabuhan Tanjung PriokDOK. DITJEN HUBDAT Pemasangan Alat Pemantul Cahaya saat Ramp check Dirjen Hubdat Budi Setiyadi di Pelabuhan Tanjung Priok

Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri No.74 Tahun 2021, soal Perlengkapan Keselamatan Kendaraan Bermotor Selain Sepeda Motor.

Menurutnya, perlengkapan keselamatannya berupa, memiliki sabuk pengaman, segitiga pengaman, alat pemantul cahaya tambahan, fasilitas tanggap darurat, ban cadangan, hingga dongkrak.

"Semua perlengkapan keamanan ini wajib dimiliki oleh setiap kendaraan komersial agar selalu aman dan nyaman ketika berkendara di jalan," ucap Dewanto (18/8/2022).

Baca juga: Ini Deretan Motor Termahal yang Ada di GIIAS 2022

Sementara itu Ogik Giarno, Transportation Safety Application Engineer Manager PT 3M Indonesia, setiap kendaraan komersial juga wajib untuk memasang alat pemantul cahaya tambahan.

Fungsinya agar ketika berkendara di malam hari, kendaraan lain di sekitar bisa mengetahui adanya truk di depan.

"Jadi untuk lebih aman lagi, maka sesuai dengan peraturan pemerintah bahwa harus ditambah alat pemantul cahaya. Banyak kejadian tabrak belakang karena kendaraan lain tidak bisa melihat di depan ada truk atau kendaraan lain," ujar Ogik, pada kesempatan yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.