Kompas.com - 17/08/2022, 11:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dimeriahkan produsen komponen otomotif. Salah satunya ialah MAF sidecar yaitu sespan untuk Vespa.

Muhammad Alwy, pendiri MAF sidecar mengatakan, saat ini sespan baru tersedia untuk Vespa matik. Keunggulannya ialah sespan tidak rigid, motor bisa belok miring ke kanan-kiri mengikuti kontur jalan.

Baca juga: Regulasi Konversi Kendaraan Niaga Jadi Listrik Siap Terbit

"Kebetulan saya mahasiswa teknik, saya lihat ada konsep yang bisa dipakai saya adopsi sistem bearing. Jadi bisa gerak di motornya. Saat belok tidak akan terganggu," kata Alwy yang ditemui di ICE BSD City, Selasa (16/8/2022).

MAF sidecar menawarkan sespan untuk Vespa di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang MAF sidecar menawarkan sespan untuk Vespa di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

"Kalau (belok) derajat ke kiri bisa belok tanpa terasa kagok sampai miring tapi tidak sampai menyentuh dengan sespan, kalau ke kanan sampai habis," kata dia.

Alwy mengatakan, dia sudah melakukan banyak uji coba. Secara keseluruhan pengembangan dilakukan selama dua tahun untuk memaksimalkan kinerja sespan, suspensi dan bentuk sespan itu sendiri.

"Kalau sespan lain pakai coil spring dan makan tempat. Tapi kita pakai swing arm torsion (beam). Sistem suspensi ini diadopsi dari sistem suspensi mobil VW," kata Alwy.

Baca juga: Pilihan 3 Motor Listrik Termurah di GIIAS 2022, Tak Sampai Rp 10 Juta

Bodi

Bodi sespan dibuat dari pelat besi. Pemilihan pelat besi karena dianggap lebih kuat dan juga jika sudah tidak dipakai masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain alias bisa didaur ulang.

Meski demikian detail spesifikasinya tidak diungkap karena berurusan dengan "rahasia dapur."

MAF sidecar menawarkan sespan untuk Vespa di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang MAF sidecar menawarkan sespan untuk Vespa di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

"Umumnya sespan pakai fiber yang secara tidak langsung jadi sampah, kalau kami pakai besi lebih kuat dan bisa didaur ulang. Ketebalannya sudah cukup kuat dipakai di jalan raya, tidak bakal bengkok," kata Alwy.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.