Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KIA Niro EV, EV6, dan Sorento Hybrid Tanpa Down Spec

Kompas.com - 17/08/2022, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Tren mobil listrik dan hybrid kian menanjak di Indonesia. Bahkan, beberapa pabrikan mobil mulai gencar bersaing dalam segmen tersebut.

Kondisi ini juga didukung dengan wacana pemerintah dalam mewujudkan ekosistem otomotif yang berbasis low carbon emission.

PT Kreta Indo Artha (KIA) baru saja memperkenalkan tiga unit mobil ramah lingkungan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Jajaran mobil berteknologi elektrifikasi tersebut, yakni Niro EV dan EV6 GT-Line, dan Sorento Hybrid.

Baca juga: Cek Daftar Pilihan Mobil Baru Harga Rp 100 Jutaan di GIIAS 2022

Kia Sorento berbasis teknologi hybrid, sementara itu Kia EV6 dan Kia Niro EV merupakan mobil listrik murni alias battery electric vehicle (BEV). Ketiga mobil tersebut, saat ini statusnya masih dalam tahap pengenalan pada pengunjung pameran.

Maka dari itu banyak yang mempertanyakan apakah ketika peluncuran di Indonesia nanti spesifikasi, fitur, dan kecanggihan mobil akan sama seperti yang dikenalkan.

“Itu memang jadi problematik sejak zaman dulu. Kia itu teknologinya banyak sekali. Pada mobil bisa pasang ini dan itu. Tapi ujung-ujungnya begitu masuk Indonesia speknya tidak serupa. Nah saat ini kita sudah diskusi dengan pak Ario dan tim semua, Kia akan memberikan pengalaman baru berkendara,” kata Harry Yanto, Import dan Logistic Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Rabu (17/8/2022).

Mobil listrik Kia EV6 GT-Line hadir di GIIAS 2022Kompas.com/Adityo Mobil listrik Kia EV6 GT-Line hadir di GIIAS 2022

Baca juga: KIA Niro EV, EV6, dan Sorento Hybrid Dijual Awal 2023

Harry juga menyebutkan jika pihaknya akan berusaha mengeluarkan mobil yang memenuhi kepuasan pelanggan. Contohnya seperti Sorento, yang mana spek mobil tersebut akan dikeluarkan paling full. Bahkan fitur keselamatan mobil hybrid tersebut tidak akan dikurangi.

“Terutama untuk segmen menengah ke atas, mereka betul-betul melek teknologi yang mana bisa melihat youtube bahwa mobil teknologinya makin berkembang. Jadi mereka mau apa yang mereka keluarkan sebanding dengan apa yang mereka dapat. Jadi inshallah, bahkan mungkin speknya akan lebih tinggi dari sekarang yang telah dikenalkan,” kata Harry.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com