Kompas.com - 16/08/2022, 13:41 WIB


TANGERANG, KOMPAS.com – PT Kreta Indo Artha (KIA) memboyong lima mobil baru di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Kamis (11/8/2022). Kelima mobil baru tersebut adalah Kia Sportage, Kia Carens, Sorento HEV,Niro EV dan Kia EV6.

Meski sudah banyak produk yang ditawarkan, Kia masih memilih untuk impor utuh (CBU) mobilnya daripada merakit ulang di Indonesia.

Ario Soerjo, Marketing & Devlopment Section Head PT Kreta Indo Artha mengatakan, terkait perakitan mobil baru, pihaknya masih memikirkan langkah panjang untuk perakitan secara lokal di Indonesia.

Baca juga: Kembali ke Indonesia, Chery Pilih SUV Dibanding MPV

“Perakitan lokal itu, untuk Carens dan unit lainnya akan bergantung pada economy off skill. Kalau jualannya makin banyak maka akan kita pelajari. Jika sudah ada jumlah tertentu, yang baru masuk akal bisa dibikin CKD,” kata Ario di GIIAS 2022, Senin (16/8/2022).

Ario menegaskan, bila pihaknya sudah lapor ke perindustrian tentang rencana harus punya mobil CKD. Untuk KIA sendiri, karena KIA bagian di Indomobil grup sehingga sudah punya pabrik mobil yang siap dipakai untuk perakitan.

Kia Sorento HEVKompas.com/Adityo Kia Sorento HEV

 Baca juga: Suzuki Siapkan 7 SUV Baru sampai Tahun 2025

Dari lima model mobil baru tersebut, Ario belum bisa menyebutkan yang mana akan lebih dulu dikerjakan.

Namun saat ini sedang dipelajari beberapa model, guna mengetahui mana yang paling bisa kerjakan segera untuk produksi perakitan dalam negeri.

Nantinya ada kemungkinan model tersebut akan bisa dijalankan lebih dulu dalam volume yang kecil.

“Kita udah mulai studi dari bulan Mei tahun lalu, harapannya di tahun 2023 ini ada kejelasan kapan akan dimulai untuk produksi lokal,” kata Ario.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.