Kompas.com - 14/08/2022, 09:01 WIB


TANGERANG, KOMPAS.com - Imbas pasokan komponen yang terhambat membuat produksi Honda Brio di Indonesia mengalami gangguan. Kondisi ini berujung pada masa inden penjualan Brio.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, krisis cip semikonduktor hingga saat ini masih memengaruhi penjualan serta membuat unit inden.

“Untuk Brio sekarang permintaan sekitar 5.000 sampai 6.000 (unit) sebulan, tapi kami baru bisa suplai 4.000 (unit). Karena krisis cip semikonduktor belum normal kondisinya, jadi kita terus berusaha ke principal untuk mendapatkan alokasi lebih dan menambah kapasitas,” ucap Billy di GIIAS 2022, ICE BSD, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Melepas Filter Udara Bikin Mesin Mobil Makin Garang?

Billy melanjutkan, untuk saat ini permintaan unit paling banyak ada pada model Honda Brio E CVT. Meski begitu, untuk masa tunggu paling lama justru ada di model Urbanite Two Tone.

Brio UrbaniteKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Brio Urbanite

“Kalau dari 5.000 (unit), 70 persen Satya, 30 persen RS. 50 persen dari RS itu Urbanite. Paling banyak Satya E CVT permintaannya, tapi inden paling lama Urbanite Two Tone. Inden Brio bisa  1 satu sampai 3 bulan,” kata dia.

Adapun untuk permintaan terbanyak untuk konsumen Brio saat ini berada di Pulau Jawa.

Baca juga: Pilihan Baru Head Unit Aftermarket untuk Mobil

Honda Brio memang menjadi city car yang laris di pasar Indonesia. Mobil ini bahkan menjadi tulang punggung penjualan Honda di Tanah Air.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo, Honda Brio berhasil mencatatkan distribusi sebanyak 44.995 unit pada 2021 lalu. Sementara pada Januari hingga Maret 2022, Brio sudah membukukan wholesales sebanyak 18.470 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.