Kompas.com - 13/08/2022, 12:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Sepeda motor matik alias skutik, memiliki perbedaan signifikan dengan motor konvensional.

Tak hanya dari cara berkendara, tapi juga soal perawatan. Ada sejumlah komponen fast moving yang umur pakainya lebih cepat ganti.

Komponen motor yang masuk kategori fast moving antara lain, filter udara, busi, dan kampas rem. Usia pakai ketiganya relatif lebih singkat dari beberapa komponen lain.

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, rutin dan tepat waktu mengganti part fast moving mempunyai nilai positif untuk mencegah terjadinya kerusakan mendadak yang merugikan.

Baca juga: Pemilik Motor Wajib Tahu Kapan Waktu Tepat Ganti Rantai dan Gir

"Kerusakaan beberapa komponen fast moving yang merugikan bisa di antisipasi sebelumnya dengan rutin melakukan perawatan berkala sesuai jadwal. Bisa tau kapan kira-kira busi, filter, dan kampas rem sudah waktunya ganti," kata Nurhadi, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia melanjutkan, analisa dan deteksi permasalahan sebelum rusak bisa dilakukan cukup mudah. Terutama saat dikendarai kerusakan komponen fast moving bisa dikenali dari beberapa ciri-ciri teknis dari gejala awal.

Uji emisi di bengkel resmi YamahaDok. YIMM Uji emisi di bengkel resmi Yamaha

Komponen kampas rem yang bermasalah akan menunjukan gejala rem berbunyi atau rem tidak akurat. Busi yang sudah masuk waktu pergantian juga bisa diketahui dari tenaga mesin yang berkurang.

"Semua gejala kerusakan komponen bisa di deteksi para pemilik sepeda motor sendiri. Tetapi untuk lebih jelasnya silahkan konsultasi dengan mekanik untuk mengetahui komponen apa saja yang aus," lanjut dia.

Untuk itu, Nurhadi menyarankan, agar setiap 2.500 kilometer (km) sekali pemilik melakukan perawatan servis berkala.

Baca juga: Optimistis Terjun ke Motor Listrik, Berapa Target Alva One?

Mekanik Yamaha Mataram Sakti Motor Setyabudi sedang memperbaiki komponen sesuai list daftar servis. Dicky Aditya Wijaya Mekanik Yamaha Mataram Sakti Motor Setyabudi sedang memperbaiki komponen sesuai list daftar servis.

Berikut daftar suku cadang fast moving sepeda motor berikut jadwal penggantiannya:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.