Kompas.com - 12/08/2022, 19:41 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Wuling Air ev resmi menjadi salah satu kendaraan listrik berbasis baterai murni di pasar dalam negeri saat ini dengan banderol mulai Rp 238 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Dirakit lokal secara compeltely knocked down (CKD) di faslitas pabrik PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors), para pemesannya dijanjikan bakal menerima unit pada akhir Agustus 2022 mendatang.

“Kendaraan listrik Wuling buatan Indonesia ini mengusung kemudahan dari sisi berkendara, penggunaan sehari-hari dan pengisian daya yang bisa dilakukan di rumah," kata Danang Wiratmoko Product Planning Wuling Motors di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Optimistis Terjun ke Motor Listrik, Berapa Target Alva One?

Mobil listrik Wuling Air ev untuk KTT G20Kompas.com/Donny Mobil listrik Wuling Air ev untuk KTT G20

"Selain itu, kedua varian Air ev (Standard Range dan Long Range) dilengkapi inovasi canggih, perangkat keselamatan lengkap hingga deretan fitur modern,” tambahnya.

Lebih lajut, kata Danang, pada bagian eksterior mobil bergaya future-tech yang ditunjukkan melalui iluminous Wuling Logo dan minimalist dual-tone color scheme.

Berbagai fasilitas modern turut hadir mulai dari Electric Power Window, Multifunction Steering Wheel, hingga USB Charging Port.

Wuling menyertakan kecanggihan inovasi pintar Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND) pada Air ev.

Mobil listrik Wuling Air ev untuk KTT G20Kompas.com/Donny Mobil listrik Wuling Air ev untuk KTT G20

Untuk varian Long Range, Wuling menyematkan beberapa tambahan fitur seperti Integrated Floating Widescreen dengan layar meter cluster 10,25 inci dan layar head unit dengan ukuran yang sama, keyless entry, synthetic leather seat, Smart Start System, serta Extended Horizon LED DRL.

Guna menunjang keselamatan berkendara Air ev, dilengkapi dengan fitur keamanan yang mencangkup dua airbag, sistem pengereman didukung dengan rem cakram pada roda depan dan belakang, ABS, EBD, TPMS, Sound Module for pedestrian Warning serta ISOFIX.

Baca juga: Air ev Dijual Rp 200 Jutaan, Wuling Sebut Banyak yang Ingin Punya Mobil Listrik

Khusus varian teratas, turut ditambahkan dengan Electronic Stability Control (ESC) dan Electric Parking Brake dengan AVH serta HHC.

Dari segi performa dan kapasitas baterainya, mobil mengusung motor listrik berdaya maksimal 30 kW. Tenaga yang dihasilkan tersebut dihantarkan melalui transmisi Single Reduction Gear ke roda belakang.

Mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Donny Mobil listrik Wuling Air ev

Sebagai jantung dari sumber listrik kendaraan kompak ini, Wuling menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe standar dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer.

Serta, baterai berkapasitas 26,7 kWh untuk tipe Long Range yang dapat mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer saat terisi penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.