Kompas.com - 10/08/2022, 11:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menambah penampilan mobil, ternyata pemasangan spoiler juga memiliki fungsi lain. Salah satunya menjaga kestabilan dengan cara meningkatkan aerodinamis kendaraan.

Hal itu membuat sebagian orang beranggapan spoiler juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Pasalnya, laju mobil lebih stabil karena tak terhambat angin.

Selain meningkatnya aerodinamika, mobil dengan spoiler akan mengalami gaya tekan ke permukaan jalan, sehingga ban benar-benar menapak dan mengurangi selip yang menyebabkan daya terbuang sia-sia.

Baca juga: Jangan Salah, Pakai Spoiler Enggak Bikin Mobil Jadi Lebih Kencang

Spoiler Belakang InnovaDicky Aditya Wijaya Spoiler Belakang Innova

Kedua faktor tersebut lah yang membuat anggapan pemasangan spoiler bisa membuat kendaraan mampu menempuh jarak yang lebih jauh dengan jumlah konsumsi bahan bakar yang sama.

Lantas, benarkah anggapan tersebut?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, tujuan dari pemasangan spoiler pada mobil sebenarnya hanya untuk meningkatkan kemampuan pengendalian kendaraan saja.

Baca juga: Ini Manfaat Spoiler pada City Car

Mercedes-AMG GT3AFP/ Leon Neal Mercedes-AMG GT3

“Tujuan dipasang spoiler itu untuk menambah aerodinamika mobil sehingga meningkatkan handling (kemampuan pengendalian) mobil tersebut, kalau ke efisiensi sepertinya kecil sekali hubungannya,” ucap Didi kepada Kompas.com, Rabu (10/8/2022).

Didi membantah ketika spoiler dikatakan dapat menghemat konsumsi bahan bakar untuk menempuh jarak yang sama. Sehingga, menurut dia anggapan tersebut hanya mitos belaka.

Spoiler bertugas lebih ke arah menekan mobil ke jalan, harusnya koefisiensi ban ke jalan semakin besar, jadi menurut saya lebih kepada handling (kemampuan pengendalian kendaraan) saja,” ucap Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.