Mitos atau Fakta, Cat Kendaraan Warna Doff Lebih Cepat Pudar?

Kompas.com - 09/08/2022, 13:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Muncul anggapan bahwa cat mobil dengan warna doff atau matte cepat pudar. Mungkin beberapa cat kendaraan yang berwarna doff memang mudah luntur, tapi belum tentu semua doff mudah pudar.

Seperti yang diketahui, cat mobil warna doff memang terkesan lebih sederhana karena tidak berkilauan seperti glossy. Dalam proses pengecatan mobil, ada yang menggunakan metode cat warna dan pengkilap dipisahkan. Sehingga, cat warna pada tahap awal akan menghasilkan warna doff tanpa penyempurnaan.

Namun, itu hanyalah materi dasar tentang teknik pengecatan. Lantas, bagaimana fakta di lapangan, apakah benar cat kendaraan warna doff cepat pudar?

Baca juga: Cara Mudah Merawat Cat Mobil dan Perbaikan Bodi

Fasilitas bodi dan cat MMKSI di KarawangMMKSI Fasilitas bodi dan cat MMKSI di Karawang

Riyadi Spesialis Body Repair, mengatakan memang cat kendaraan warna doff itu seperti pengecatan belum jadi, tapi jika warna doff ini disempurnakan warnanya juga bisa tetap awet.

Warna doff kan seperti cat belum dilapisi clear, belum dipoles, sehingga tidak mengkilap, tapi sebenarnya cat kendaraan warna doff bukan yang belum jadi seperti itu,” ucap Riyadi kepada Kompas.com, Senin (8/8/2022).

Dia mengatakan ada metode pengecatan warna dan clear dipisahkan, juga ada yang sudah dicampur dengan cat sehingga cukup sekali pengecatan, tapi cat warna doff merupakan hal lain.

Baca juga: Terlalu Sering Dipoles, Cat Mobil Cepat Rusak dan Kusam

Proses pemasangan produk pelapis cat (coating) kendaraan di Topcoat Lampung, Kamis (16/6/2022). Coating ini diklaim seperti daun talas, dimana semua jenis cairan tidak akan menempel.KOMPAS.com/DOK. Topcoat Lampung Proses pemasangan produk pelapis cat (coating) kendaraan di Topcoat Lampung, Kamis (16/6/2022). Coating ini diklaim seperti daun talas, dimana semua jenis cairan tidak akan menempel.

“Ada cat khusus untuk warna doff, bahkan ada coating warna doff, jadi anggapan cat mobil warna doff cepat pudar itu tidak benar,” ucap Riyadi.

Dia mengatakan semua itu tergantung dari teknik pengecatannya, kualitas catnya, serta proses penyempurnaannya seperti apa. Dia mengatakan, ada cat warna doff yang kualitasnya bagus dan tidak mudah pudar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.