Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Cat Kendaraan Warna Doff Lebih Cepat Pudar?

KLATEN, KOMPAS.com - Muncul anggapan bahwa cat mobil dengan warna doff atau matte cepat pudar. Mungkin beberapa cat kendaraan yang berwarna doff memang mudah luntur, tapi belum tentu semua doff mudah pudar.

Seperti yang diketahui, cat mobil warna doff memang terkesan lebih sederhana karena tidak berkilauan seperti glossy. Dalam proses pengecatan mobil, ada yang menggunakan metode cat warna dan pengkilap dipisahkan. Sehingga, cat warna pada tahap awal akan menghasilkan warna doff tanpa penyempurnaan.

Namun, itu hanyalah materi dasar tentang teknik pengecatan. Lantas, bagaimana fakta di lapangan, apakah benar cat kendaraan warna doff cepat pudar?

Riyadi Spesialis Body Repair, mengatakan memang cat kendaraan warna doff itu seperti pengecatan belum jadi, tapi jika warna doff ini disempurnakan warnanya juga bisa tetap awet.

“Warna doff kan seperti cat belum dilapisi clear, belum dipoles, sehingga tidak mengkilap, tapi sebenarnya cat kendaraan warna doff bukan yang belum jadi seperti itu,” ucap Riyadi kepada Kompas.com, Senin (8/8/2022).

Dia mengatakan ada metode pengecatan warna dan clear dipisahkan, juga ada yang sudah dicampur dengan cat sehingga cukup sekali pengecatan, tapi cat warna doff merupakan hal lain.

“Ada cat khusus untuk warna doff, bahkan ada coating warna doff, jadi anggapan cat mobil warna doff cepat pudar itu tidak benar,” ucap Riyadi.

Dia mengatakan semua itu tergantung dari teknik pengecatannya, kualitas catnya, serta proses penyempurnaannya seperti apa. Dia mengatakan, ada cat warna doff yang kualitasnya bagus dan tidak mudah pudar.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/09/131200515/mitos-atau-fakta-cat-kendaraan-warna-doff-lebih-cepat-pudar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke