Kompas.com - 08/08/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS akan kembali dilaksanakan pada Agustus 2022 tepatnya tanggal 11 sampai 21.

GIIAS memang menjadi pameran dengan banyak exhibitor, mulai dari APM mobil, motor, niaga, bahkan sampai karoseri. Semua peserta tadi akan berada di dalam area Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD City.

Perbedaannya dengan pameran tahun lalu, GIIAS 2022 akan dihadiri tiga karoseri pembuat bodi bus, yakni Adiputro dan Tentrem asal Malang, Jawa Timur dan Laksana dari Ungaran, Jawa Tengah.

Baca juga: Perusahaan Ini Dukung Keselamatan Bus Buatan Karoseri Indonesia

Kabin bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260DOK. PT HMSI Kabin bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

Kalau dilihat tahun lalu, tidak ada karoseri yang membuka booth. Tapi, ada satu bus buatan Karoseri Tentrem yang mejeng di booth Hino, memakai sasis Hino RK260.

Saat itu, bodi bus Avante H8 AB itu menjadi satu-satunya bus di area pameran. Uniknya, bus tersebut jadi salah satu kendaraan yang menarik banyak pengunjung, apalagi kabinnya yang nyaman dengan berbagai model bangku.

Karoseri Tentrem saat itu memperkenalkan bodi bus aluminium yang diklaim lebih ringan 500 kg. Selain itu, bodi bus tersebut juga memakai spion kamera dan kamera 360 derajat yang mempermudah tugas pengemudi selama menyetir.

Baca juga: Start Paling Depan, Zarco Berharap Bisa Menang di GP Inggris


Kali ini, menarik untuk ditunggu akan seperti apa bus-bus yang dibawa karoseri ke ICE BSD. Nampaknya, Laksana akan membawa model terbaru dari Legacy SR3, generasi penerus dari Legacy SR2.

Sedangkan karoseri Adiputro dan Tentrem, belum memberi bocoran akan memamerkan bodi apa. Bisa saja varian priority dari body Avante yang akan dibawa Tentrem, atau Dream Coach super nyaman buatan Adiputro turut diboyong.

Bagi yang penasaran, bisa datang ke GIIAS 2022 yang berlangsung tanggal 11-21 Agustus. Untuk karoseri, hall-nya ada di Hall 8 bersama UD Trucks dan Hino.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.