Beli Toyota Vios Baru Inden sampai Tiga Bulan

Kompas.com - 05/08/2022, 15:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini beredar rumor bahwa PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah menghentikan produksi sedan Vios di pabrik perakitan Karawang, Jawa Barat.

Kabar ini menyeruak setelah video yang memperlihatkan perpisahan sejumlah karyawan pabrik beredar di media sosial. Pada rekaman itu juga terlihat para pekerja membawa potongan kertas yang bertuliskan “Sayonara Vios”.

Terkait hal ini, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam belum mau berkomentar lebih lanjut mengenai kabar penghentian produksi Vios di Indonesia.

Baca juga: Benarkah Modifikasi Audio Bikin BBM Mobil Jadi Boros?

Bob mengatakan, untuk saat ini pasokan Vios ke konsumen masih terjaga, tetapi dirinya juga tidak membantah kabar penghentian produksi tersebut.

"Bersama dengan TAM, kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga. Selain itu, kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya." ujar Bob Azam, Direktur Corporate Affairs TMMIN.

Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018

Berdasarkan pantauan tim redaksi, Jumat (5/8/2022), sejumlah diler Toyota terpantau masih menjual Toyota Vios. Hanya saja, unitnya inden selama satu hingga empat bulan.

“Untuk Vios matik indennya 1 bulan, kalau spot order bisa 4 bulan. Inden karena stok suplainya,” ucap salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Timur.

Hal senada juga diungkapkan oleh tenaga penjual Toyota di Jakarta Utara. Bahkan, ia mengaku sudah kehabisan stok unit Toyota Vios sejak tahun lalu.

“Indennya 2 sampai 3 bulan, baik matik maupun manual. Karena barangnya kosong dari tahun kemarin,” kata dia.

Baca juga: Alasan Hyundai Palisade Varian Terlaris Tanpa Interior Hitam

Adapun di situs resmi Toyota masih terpantau menjual sedan Vios yang dikabarkan bakal berhenti produksi. Bicara soal harga, Toyota Vios paling rendah atau tipe E MT dibanderol Rp 293.700.000, kemudian tipe G M/T (Spot Order) di harga Rp 311.500.000, dan tipe tertinggi G CVT Rp 325.700.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.