Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Toyota Vios Baru Inden sampai Tiga Bulan

Kompas.com - 05/08/2022, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini beredar rumor bahwa PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah menghentikan produksi sedan Vios di pabrik perakitan Karawang, Jawa Barat.

Kabar ini menyeruak setelah video yang memperlihatkan perpisahan sejumlah karyawan pabrik beredar di media sosial. Pada rekaman itu juga terlihat para pekerja membawa potongan kertas yang bertuliskan “Sayonara Vios”.

Terkait hal ini, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam belum mau berkomentar lebih lanjut mengenai kabar penghentian produksi Vios di Indonesia.

Baca juga: Benarkah Modifikasi Audio Bikin BBM Mobil Jadi Boros?

Bob mengatakan, untuk saat ini pasokan Vios ke konsumen masih terjaga, tetapi dirinya juga tidak membantah kabar penghentian produksi tersebut.

"Bersama dengan TAM, kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga. Selain itu, kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya." ujar Bob Azam, Direktur Corporate Affairs TMMIN.

Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018

Berdasarkan pantauan tim redaksi, Jumat (5/8/2022), sejumlah diler Toyota terpantau masih menjual Toyota Vios. Hanya saja, unitnya inden selama satu hingga empat bulan.

“Untuk Vios matik indennya 1 bulan, kalau spot order bisa 4 bulan. Inden karena stok suplainya,” ucap salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Timur.

Hal senada juga diungkapkan oleh tenaga penjual Toyota di Jakarta Utara. Bahkan, ia mengaku sudah kehabisan stok unit Toyota Vios sejak tahun lalu.

“Indennya 2 sampai 3 bulan, baik matik maupun manual. Karena barangnya kosong dari tahun kemarin,” kata dia.

Baca juga: Alasan Hyundai Palisade Varian Terlaris Tanpa Interior Hitam

Adapun di situs resmi Toyota masih terpantau menjual sedan Vios yang dikabarkan bakal berhenti produksi. Bicara soal harga, Toyota Vios paling rendah atau tipe E MT dibanderol Rp 293.700.000, kemudian tipe G M/T (Spot Order) di harga Rp 311.500.000, dan tipe tertinggi G CVT Rp 325.700.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com